Pemulihan Ekonomi, Dinkop dan UMKM DIY Rangkul Komunitas Difabel

- Selasa, 8 Desember 2020 | 10:38 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Dinas Koperasi dan UMKM DIY berupaya melakukan pemulihan ekonomi yang tetap mendasarkan pada pemenuhan protokol kesehatan. Salah satunya lewat gelaran pameran secara offline dan online.  

Komunitas rentan seperti UMKM dan difabel juga ikut dirangkul. Memanfaatkan beberapa momentum pada bulan Desember seperti Hari Difabel Internasional, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, dan Hari Ibu diadakan kegiatan Gelaran Produk Sibakul. Gelaran ini merupakan pameran offline yang dilaksanakan di lingkungan kantor Dinkop dan UMKM DIY.

Baca Juga: Terdampak Covid-19, Ribuan UMKM Digelontor Kredit Bunga Nol Persen

Agenda ini diiringi dengan pameran virtual selama satu minggu pada awal Desember 2020. "Pada gelaran ini, kami mengusung tema Inspirasi Jogja Istimewa Menembus Batas.  Tema tersebut menegaskan bahwa UMKM tetap dapat bertahan dalam semangat Jogja Istimewa," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi, Selasa (8/12).

Semangat Jogja Istimewa yang dimaksud adalah menjunjung tinggi nilai solidaritas yang tanpa diskriminasi, dan berpihak pada kaum rentan dengan pemberdayaan berkelanjutan. Berlangsung di masa pandemi, pameran ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan skema protokol kesehatan.

Baca Juga: Pelaku UMKM Agar Manfaatkan E - comerce

Gelaran ini melibatkan 100 UMKM mitra Sibakul Jogja, termasuk didalamnya UMKM dari para disabilitas.  "Gelaran Produk Sibakul dilaksanakan secara terbatas dengan harapan tetap terjadi transaksi great sale secara daring.  Harapannya, semua aktivitas dalam pameran ini dapat membantu UMKM untuk bisa bertahan," ujarnya.

Acara tersebut dilaksanakan selama enam hari mulai Minggu (6/12) hingga Kamis (10/12) dilanjutkan pada Sabtu (12/12). Selain pameran, acara ini juga diisi agenda talkshow.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X