KAI Salurkan Dana Kemitraan, Pengusaha Tahu Tempe Dapat Porsi Besar

- Selasa, 8 Desember 2020 | 08:27 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Sepanjang 2020, PT KAI Daop 2 Bandung sudah menyalurkan total dana program Tangggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp 2,04 miliar. Sebagian besar di antaranya untuk pemberdayaan UMKM yang bergerak di produksi tahu tempe.

Menurut Jubir PT KAI Daop 2, Kuswardoyo, program tersebut disalurkan melalui skema kemitraan kepada 20 pelaku usaha tempe tahu  yang tergabung dalam Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Primkopti) Kabupaten Cianjur lebih dari Rp 1 miliar.

"Total dananya sebesar Rp.1.350.000.000, yang kita serahkan di Kopti Cianjur. Kita harap langkah kami ini dapat memberikan manfaat yang besar khususnya untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga tumbuh dan berkembang dengan baik," katanya dalam keterangannya, Senin (7/12).

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Daop 2 Siapkan 12 Perjalanan KA

Dijelaskan, program kemitraan merupakan bantuan yang disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha kepada pelaku UMKM dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.

Sekali pun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Kus menegaskan pihaknya berkomitmen memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui penyaluran program TJSL. Diharapkan, komitmen perusahaan tersebut mampu berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga keseimbangan lingkungan hidup secara berkesinambungan. 

Baca Juga: Pelanggaran Masih Terjadi, Sosialisasi Bahaya Di Perlintasan KA Tetap Jadi Pilihan

Penyaluran program TJSL itu terbagi dalam dua skema yakni melalui Pogram Bina Lingkungan dan Program Kemitraan. Untuk Program Bina Lingkungan merupakan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat yang disalurkan dalam bentuk bantuan bencana alam dan bencana non alam termasuk yang disebabkan oleh wabah, bantuan pendidikan seperti pelatihan, prasarana dan sarana pendidikan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan pengembangan prasarana dan sarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam, hingga bantuan sosial kemasyarakatan.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X