Xiaomi Genjot Produksi di 2021, Ingin Kalahkan Huawei dan Apple

- Kamis, 3 Desember 2020 | 14:31 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Xiaomi, produsen smartphone asal Tiongkok menggenjot pertumbuhan penjualan dengan meningkatkan kapasitas produksi pabrik di 2021. Xiaomi berharap mengalahkan Huawei hingga Apple tahun depan.

Dilansir dari Nikkei Asia Review, Xiaomi memesan komponen dan suku cadang hingga 240 juta unit kepada pemasoknya. Jumlah tersebut jauh melebihi keluaran Xiaomi tahun ini dan akan melampaui tingkat rata-rata pengiriman iPhone tahunan dari Apple.

Kepada pemasok, Xiaomi mengatakan bahwa mereka memiliki target internal yang lebih tinggi untuk tahun depan. Perusahaan menargetkan bisa mendistribusikan smartphone hingga 300 juta unit.

Baca Juga: Huawei Mobile Services, Membuat Nyaman Pengguna

Baca Juga: Xiaomi Luncurkan Mi 10 dan Beberapa Perangkat Wireless di Indonesia

Apabila target itu tercapai, Xiaomi bisa saja mengalahkan Huawei dan Apple. Pada level puncak di tahun lalu misalnya, jumlah penjualan smartphone Huawei mencapai 240,6 juta unit. Menurut IDC, jumlah itu merupakan tertinggi yang pernah dicapai produsen smartphone asal Tiongkok. Sementara Apple mengirim rata-rata sekitar 200 juta unit dalam setahun.

"Xiaomi menetapkan tujuan yang jauh lebih agresif untuk pemasok karena berharap untuk memperluas pasar sebelum pesaing lain menyusul," kata sumber yang mengetahui rencana tersebut dikutip dari Nikkei Asia Review pada Rabu (2/11).

Untuk membiayai rencana tersebut, pada Rabu (2/11) Xiaomi mengumpulkan dana hampir US$ 4 miliar.  Dana tersebut sebesar US$ 3,06 miliar berasal dari penempatan saham top-up terbesar di Hong Kong. Sementara US$ 855 juta berasal dari penawaran obligasi.

Xiaomi juga memesan dan mengamankan lebih banyak suku cadang untuk menghindari gangguan dari kemacetan rantai pasok saat ini. Gangguan tersebut bisa terjadi misalnya ketika produsen komponen chip prosesor seperti Qualcomm dan MediaTek tidak bisa berkomitmen memenuhi kebutuhan Xiaomi.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X