Tax Center Memiliki Peran Signifikan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Taat Pajak

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:04 WIB
Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Teguh Budiharto saat melakukan perpanjangan kerja sama dengan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang terkait tax center, Rabu, 27 Oktober 2021. (suaramerdeka.com /dokumentasi Kanwil DJP Jawa Tengah I)
Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Teguh Budiharto saat melakukan perpanjangan kerja sama dengan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang terkait tax center, Rabu, 27 Oktober 2021. (suaramerdeka.com /dokumentasi Kanwil DJP Jawa Tengah I)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tax center sebagai pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar mengerti hak dan kewajiban perpajakannya.

Hal itu disampaikan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Teguh Budiharto saat melakukan perpanjangan kerja sama dengan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang terkait tax center, Rabu, 27 Oktober 2021.

Menurut Teguh, perguruan tinggi melalui tax center memiliki peran besar dalam melaksanakan edukasi sekaligus riset pajak.

Baca Juga: Sukmawati Sucikan Diri, Jalani Upacara Sudhi Wadani, Ini Maknanya

“Dengan melibatkan peran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi tumpuan bangsa dalam pembangunan, melalui wadah Tax center ini diharapkan akan memupuk jiwa nasionalisme untuk mewujudkan kemandirian bangsa,” ujar Teguh.

Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Ferdinand Hindiarto menyampaikan, ada dua variable yang mempengaruhi tingkat kepatuhan pajak yaitu persepsi masyarakat terhadap pajak dan yang kedua adalah persepsi masyarakat terhadap pemerintah/pemegang otoritas.

“Jika masyarakat sudah percaya dengan pemerintah maka akan menjadikan kepatuhan pajak menjadi tinggi meski dengan tarif yang tinggi, jika masyarakat sudah percaya, masyarakat akan membayarnya,” ujar Ferdinand.

Baca Juga: Ini Dia Lirik Lagu 'Satu Nusa Satu Bangsa' yang Sering Dinyanyikan Saat Peringatan Sumpah Pemuda

Ferdinand berharap Unika dapat berperan aktif dan mendorong agar persepsi pajak di masyarakat menjadi positif karena masyarakat sebetulnya sudah merasakan manfaat pajak secara tidak langsung.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB

Hyundai Optimistis Creta Bisa Merajai Segmen SUV

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB
X