Harga Minyak Capai Level Tertinggi Multitahun, Menyusul Pasokan Global yang Ketat

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:24 WIB
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Pasokan global yang ketat dan permintaan bahan bakar Amerika Serikat yang menguat, membuat harga minyak mencapai level tertinggi multitahun pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) sebelum menjadi stabil.

Untuk Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember bertambah 46 sen menjadi menetap di 85,99 dolar AS per barel, dengan kontrak mencapai tertinggi sesi di 86,70 dolar AS per barel, level tertinggi sejak Oktober 2018.

Sementara untuk jangka waktu yang sama, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup tidak berubah pada 83,76 dolar AS per barel, setelah mencapai 85,41 dolar AS per barel, tertinggi sejak Oktober 2014.

Sejak awal September, kedua harga acuan telah naik sekitar 20 persen di mana minyak mentah AS telah meningkat selama sembilan minggu berturut-turut, sementara Brent telah naik selama tujuh minggu.

Baca Juga: Website BSSN Diretas, Pakar: Harusnya Sejak Awal Punya Rencana Mitigasi

"Krisis pasokan energi global terus menunjukkan giginya, sehingga harga minyak memperpanjang kenaikannya minggu ini, akibat para pedagang menilai kenaikan permintaan bahan bakar sedang berlangsung - di tengah respons pasokan yang terbatas menipiskan stok global," kata Louise Dickson, analis pasar minyak senior di Rystad Energy.

Rebound yang kuat dalam permintaan minyak global, kata Goldman Sachs, dapat mendorong harga minyak mentah Brent di atas perkiraan akhir tahun sebesar 90 dolar AS per barel.

Bank tersebut memperkirakan peralihan gas ke minyak dapat berkontribusi setidaknya 1 juta barel per hari (bph) untuk permintaan minyak.

Setelah lebih dari satu tahun permintaan bahan bakar tertekan, konsumsi bensin dan sulingan kembali sejalan dengan rata-rata lima tahun di Amerika Serikat, konsumen bahan bakar terbesar di dunia.

Baca Juga: Tips untuk Mengatasi Jenuh Ketika Melihat Layar Komputer Terlalu Lama

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hyundai Optimistis Creta Bisa Merajai Segmen SUV

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB
X