Pengertian Software ERP, Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis

- Senin, 25 Oktober 2021 | 20:24 WIB
Ilustrasi Pembukuan. (Dok. mekari.com)
Ilustrasi Pembukuan. (Dok. mekari.com)

suaramerdeka.com - Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah salah satu sistem yang digunakan oleh komunitas bisnis, khususnya oleh perusahaan, untuk mengumpulkan, menafsirkan, menyimpan, dan mengelola data dari berbagai aktivitas bisnis.

Aliran informasi dan koordinasi sumber daya serta kegiatan merupakan perhatian utama bagi setiap industri bisnis yang sedang berkembang. 

Semuanya itu dapat ditangani oleh sistem ERP. Sistem ini dapat dianggap sebagai sistem informasi yang membantu perusahaan mengintegrasikan setiap aspeknya.

Baca Juga: Terus Berkembang dan Jadi Andalan, Menko Airlangga: Digitalisasi Koperasi Sangat Penting

Sistem software ERP biasanya mendukung manufaktur, inventori, logistik, pengiriman dan distribusi, faktur, dan akuntansi bagi perusahaan.

Mulai dari pengelolaan SDM di setiap aspek hingga penjualan dan distribusi produk perusahaan, sistem ini membantu perusahaan menggunakan sumber daya mereka secara lebih baik dan teratur.

Sistem ini disusun sedemikian rupa dan menggunakan database terpusat serta berbagi platform komputasi bersama untuk memastikan agar sistem selalu konsisten.

Baca Juga: Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membuat Pembukuan

Jenis-Jenis Sistem ERP

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan dapat diperoleh melalui penginstalan di lokasi, solusi berbasis cloud, atau kombinasi keduanya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB

4 Smartphone Realme Diperkenalkan di Yogyakarta

Rabu, 10 November 2021 | 17:43 WIB
X