BI Rencana Turunkan Biaya Transfer Antarbank, Ini Besarannya

- Senin, 25 Oktober 2021 | 13:46 WIB
Ilustrasi transfer uang di ATM
Ilustrasi transfer uang di ATM

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bank Indonesia (BI) rencana  menurunkan biaya transfer antarbank dari Rp 6.500,- menjadi Rp 2.500,- mulai Desember 2021 sebagai realisasi program BI Fast.

Apa itu BI Fast? BI-Fast merupakan bagian dari penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 untuk menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih cepat, mudah, ekonomis, serta dapat dilakukan secara waktu nyata dan 24 jam.

Maka, dengan adanya BI-Fast nanti, BI akan melakukan penurunan biaya  transfer antarbank yang dilakukan oleh masyarakat.

Baca Juga: DRI Gelar Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia, Terbitkan Buku Penetapan

Selain itu kebijakan penurunan biaya transfer antarbank mendukung konsolidasi industri dan integrasi Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) nasional secara end-to-end, bersifat national driven sebagai wujud implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

"Dan mendukung tercapainya sistem pembayaran yang cepat, murah, mudah, aman, dan andal (CEMUMUAH)," kata sumber dari Bank Indonesia, seperti yang dikutip suaramerdeka.com dari pikiran-rakyat.com dalam artikel berjudul: Biaya Transfer Antarbank Turun Jadi Rp 2.500,, Berikut Daftar 22 Bank yang Ikut Serta

Selain itu, kebijakan penurunan biaya transfer antarbank juga diikuti 22 bank di Indonesia.

Baca Juga: Perlindungan Nasabah Fintech Perlu Diperkuat Pemerintah

22 bank di Indonesia ini mendapatkan keuntungan dari penurunan biaya  transfer  antarbank Bank Indonesia ini.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X