Investasi, Segitiga Patimban-Cirebon-Kertajati Jadi Andalan

- Rabu, 11 November 2020 | 18:55 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kawasan Segitiga Rebana yang menghubungkan Cirebon, Patimban, Subang dan Kertajati, Majalengka ditempatkan sebagai primadona dalam menjaring investor pada West Java Investment Summit pada 16-19 November 2020.

Sejumlah proyek ditawarkan di antaranya di kawasan aerocity dan pembangunan kota baru guna mendukung aktivitas pelabuhan baru di utara Jabar.

"Total kita mempunyai 27 proyek yang siap ditawarkan, dengan 18 di antaranya di Rebana. Nilai total proyeknya sekitar Rp 32,1 triliun," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih saat siaran daring di Bandung, Rabu (11/11).

Menurut dia, banyak perusahaan sudah menyampaikan respon terhadap penawaran tersebut. Tercatat 696 investor yang bersiap melakukan penjajakan termasuk dari luar negeri. Dalam kaitan itu pula, pihaknya mengagendakan kunjungan lapangan ke kawasan Abonjati itu.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Ada di Jalurnya

"Kunjungan tersebut sekaligus bersamaan dengan pelaksanaan groundbreaking kota baru Subang Smartpolitan dan pembangunan hotel di aerocity Kertajati. Kita sendiri memang sedang meng-highlight Segitiga Rebana," tandasnya.

Langkah tersebut sejalan dengan prioritas Jabar dalam menggarap sektor yang dianggap bisa memberikan kontribusi cepat dalam ikhtiar pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Tahun ini merupakan masa sulit, karena masa pandemi. Kita fokus pada sektor perdagangan dan pariwisata mengingat ini merupakan sektor tercepat dalam memacu pertumbuhan," katanya.

Baca Juga: Resesi hingga Akhir, Perekonomian Diprediksi Membaik Kuartal IV

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X