Tahan Kontraksi, Konsumsi Pemerintah Berperan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

- Senin, 25 Oktober 2021 | 06:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, salah satu capaian Pemerintah dalam dua tahun terakhir di bidang ekonomi adalah berhasil menahan kontraksi ekonomi di tahun 2020 yang hanya sebesar -2,07 persenyear on year (yoy).

Keberhasilan menahan kontraksi ekonomi di 2020 tersebut menjadikan Indonesia menempati peringkat keempat di antara negara G20.

“Capaian tersebut tentunya tidak terlepas dari keberhasilan upaya Pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19,” kata Airlangga Hartarto dalam konferensi pers “2 Tahun Kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo- Wakil Presiden Ma’ruf Amin” di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, belum lama ini.

Memasuki tahun 2021, penguatan pengendalian pandemi juga berhasil mendorong ekonomi Indonesia untuk tumbuh sebesar 7,07 persen (yoy) di Triwulan II-2021, yang merupakan pertumbuhan tertinggi dalam 16 tahun terakhir.

Baca Juga: Gempa Ambarawa, Ahli Gempa BMKG: Swarm Bisa Berlangsung Lama, Cek Kualitas Struktur Bangunan Warga

Airlangga Hartarto mengatakan, konsumsi Pemerintah terus memegang peranan aktif dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi selama pandemi, termasuk di Triwulan II-2021.

“Upaya ini dapat mendorong peningkatan pada komponen konsumsi rumah tangga dan investasi,” ujar Airlangga Hartarto.

Dia menambahkan, pulihnya permintaan domestik telah mendorong perbaikan aktivitas produksi sehingga membuat seluruh sektor mengalami pertumbuhan positif di Triwulan II-2021.

“Pemulihan yang terjadi di berbagai sektor utama, seperti sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, sektor konstruksi, serta sektor transportasi dan pergudangan mencerminkan aktivitas ekonomi sudah mulai bangkit Kembali,” kata Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Meriahkan Hari Santri Nasional 2021, Mahasiswa KKN RDR Ke-77 UIN Walisongo Adakan Lomba di TPQ Al Firdaus

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB

Hyundai Optimistis Creta Bisa Merajai Segmen SUV

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB
X