Panen Semangka Inul, Bupati Ajak Pemuda Kembali Bertani

Maya
- Senin, 9 November 2020 | 16:54 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah panen semangka bersama Ketua DPD KNPI Kabupaten Tegal, Ersa Aburizal dan Camat Dukuhwaru, Pambudiono, di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Senin (9/11).
Bupati Tegal Umi Azizah panen semangka bersama Ketua DPD KNPI Kabupaten Tegal, Ersa Aburizal dan Camat Dukuhwaru, Pambudiono, di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Senin (9/11).

SLAWI, suaramerdeka.com - Bupati Tegal Umi Azizah melakukan panen semangka bersama pengurus DPD KNPI Kabupaten Tegal di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Senin (9/11).

Panen semangka dilakukan di lahan seluas 5.000 meter persegi. Semangka lonjong yang dikenal dengan semangka Inul ini,  ditanam anggota Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Agro Tegal Mandiri. 

Umi Azizah mengapresiasi keseriusan yang ditunjukkan  para pemuda  yang tergabung dalam KNPI tersebut menekuni bidang pertanian.Pasalnya, saat ini pertanian sudah jarang dilirik oleh kaum muda. Menurut Umi, dengan bekal kecerdasan dan kemampuan di bidang informasi teknologi, pertanian bisa menjadi salah satu usaha yang memiliki prospek sangat bagus.

“Apabila manajemen pertanian, mulai pengolahan lahan, pemeliharaan dan pemasaran juga bisa memanfaatkan IT, Insya Allah bisa memotong rantai penjualan yang begutu panjang. KNPI dengan kemampuannya bisa menembus pasar konsumen,”tutur Umi,  yang juga Dewan Penasehat PT HKTI Kabupaten Tegal.

Usai mencicip semangka yang dipanen, Umi mengatakan, budidaya semangka memiliki peluang sangat bagus. Dari penjelasan yang diperoleh dari Ketua DPD KNPI Kabuaten Tegal, Ersal Aburizal, untuk menanam semangka tersebut dibutuhkan modal  Rp 15 juta, dan hanya dalam waktu dua bulan sudah bisa dipanen. Dengan estimasi harga panen Rp 3.000 per kilogram, maka petani akan mendapat hasil Rp 30 juta.

Untuk itu, Umi berharap KNPI terus mendorong kaum milenial untuk semangat terjun ke bidang pertanian. Selain memiliki peluang bagus, juga dapat mengurangi pengangguran.
“Saya berharap KNPI mendorong semangat anggotanya. Karena kita semua tahu, pangan menjadi kebutuhan dasar manusia, dan hak azazi warga negara Indonesia. Bagaimana agar kebutuhan pangan terpenuhi, karena kita dari pagi sampai malam sangat membutuhkan hasil karya petani. Bertani itu keren,”tegas Umi.

Terkait pemasaran hasil panen,Umi menyebutkan, Pemkab Tegal melalui Dinas Sosial akan memberi kesempatan kepada mereka untuk bersinergi.
“Di Dinsos ada program keluarga harapan (PKH). Jangan sampai mendatangkan buah dari luar, lebih baik kita berdayakan potensi lokal, apakah itu buah, bawang atau produk lainnya,”sebut Umi.  

Ketua DPD KNPI Kabupaten Tegal, Ersal Aburizal mengaku sangat senang dengan dukungan Pemkab Tegal terhadap kegiatan pemuda tani ini. “Pagi ini terjawab sudah kekhawatiran petani terkait dengan pendampingan, pengolahan lahan dan pemasaran. Dukungan Pemkab Tegal sangat luar biasa,”sebutnya.

Ersal menyebutkan, keberhasilan panen semangka tersebut memberi semangat untuk melakukan penanaman semangka di lahan yang lebih luas. Menurutnya sudah ada beberapa investor dan pemilik lahan yang bersedia bersinergi dengan program petani muda berdaya ini.  

Halaman:

Editor: Maya

Terkini

X