AFPI Turunkan Tingkat Biaya Pinjaman Digital Jadi 0,4 Persen, Dukung Pemberantasan Pinjol Ilegal

- Senin, 25 Oktober 2021 | 08:36 WIB
Ilustrasi pinjaman online. (tangkapan layar indodana.id)
Ilustrasi pinjaman online. (tangkapan layar indodana.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengumumkan penurunan batas atas biaya pinjaman hingga 50 persen, menjadi tidak melebihi suku bunga flat 0,4 persen per hari.

Adrian Gunadi, Ketua Umum AFPI menuturkan, biaya pinjaman ini sudah meliputi total bunga, biaya pinjaman dan biaya-biaya lain di luar biaya keterlambatan.

Adrian mengungkapkan soal penurunan biaya pinjaman dalam diskusi media bertajuk “AFPI Dukung Pemberantasan pinjol Ilegal dan Dorong Potensi Industri Pinjaman Digital Indonesia” belum lama ini.

“Kami sudah melakukan review dan kesepakatan untuk menurunkan batas atas maksimal pinjaman bunga sampai kurang lebih 50 persen tentunya sebagai salah satu upaya agar Fintech Pendanaan Bersama ini lebih terjangkau sehingga masyarakat bisa membedakan yang ilegal dan resmi dengan harganya yang sangat kompetitif,” jelas Adrian.

Baca Juga: Ini Para Penerima Penghargaan Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik 2021 dari BBJT

Di samping itu, sebagai bagian dari usaha AFPI untuk ikut berperan aktif memberantas pinjol ilegal, AFPI juga sudah melakukan penyusunan kode etik asosiasi, kaitan dengan pembatasan bunga asosiasi, tata cara penagihan.

Kemudian, ketentuan mengenai akses data, pembentukan komisi etik, yang kesemua perangkat-perangkat tersebut sudah dibangun oleh asosiasi sejak 3 tahun lalu, dan bertujuan untuk membedakan antara pinjol legal dan ilegal.

AFPI juga sudah melakukan tindakan tegas anggota APFI yang berafiliasi dengan pinjol ilegal, mengadakan sertifikasi yang berkaitan dengan agen debt collection, dengan harapan bisa memberikan standar aspek penagihan yang sesuai dengan code of conduct, pedoman perilaku yang menjadi dasar operasional pinjol legal.

Adapun berkaitan dengan pengaduan masyarakat, AFPI telah memiliki Layanan Pengaduan AFPI (Jendela) di hotline 150505 atau email ke: pengaduan@afpi.or.id.

Baca Juga: Aksi Satpol PP di Aceh Singkil Siksa Seekor Anjing, Sherina Munaf Tulis Ini di Akun Twitter

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X