UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
Kepala Bank Indonesia Jabar, Herawanto. (Tangkapan layar YouTube)
Kepala Bank Indonesia Jabar, Herawanto. (Tangkapan layar YouTube)

BANDUNG, suaramerdeka.com - UMKM di Jabar mulai didorong untuk mengoptimalkan pemanfaatan pendanaan dari investor. Langkah tersebut diharapkan bisa menjadi pembuka jalan bagi mereka untuk naik kelas.

Untuk itu, sekitar 200 pelaku usaha terpilih ikut meramaikan hajatan West Java Investment Summit (WJIS) 2021 di Bandung yang berakhir Jumat, 22 Oktober 2021.

"Untuk berkembang pesat, UMKM tak bisa mengandalkan dana internal, dari penjualan, saja. Karenanya, kita buka investor, sumber dana dari luar melalui forum ini," jelas Kepala Bank Indonesia Jabar, Herawanto secara daring.

Baca Juga: Kota Magelang Level 2, Taman Kyai Langgeng Siap Dikunjungi Wisatawan

Sebelumnya, pihaknya sudah meminta kepada pemerintah-pemerintah daerah di 27 kabupaten dan kota untuk menggelar kegiatan edukasi sekaligus sosialisasi terhadap UMKM di wilayahnya terkait dengan pemanfaatan investasi dalam usaha yang dilakukan.

Program tersebut, katanya, tak terlepas dari peran vital UMKM dalam memulihkan perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Pelaku usaha yang bergerak di produk kreatif disebutnya mempunyai peluang menjanjikan dalam memanfaatkan momentum tersebut.

Baca Juga: Catat! Begini Aturan Terbaru Penerbangan Domestik yang Berlaku mulai 24 Oktober

Pihaknya pun sudah mengindentitifikasi. Dengan kekuatan itu, katanya, UMKM yang bergerak di sektor kreatif, ada yang mampu menembus pasar ekspor hingga belasan negara. Untuk itu, kehadirannya perlu dioptimalkan.

"Potensi seperti ini tentu perlu disupport, terutama untuk membuka pasar baru dengan tetap menguatkan pasar lama, di antaranya dengan memfasilitasi pertemuan mereka dengan investor, karena kunci pengembangannya di investor di samping kebijakan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB

40 UMKM di Demak Dilatih Siap Masuk Pasar Ekspor

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:17 WIB
X