Jokowi Dorong Para Santri Kelak Ciptakan Lapangan Pekerjaan bagi Masyarakat

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:53 WIB
Presiden Jokowi. (foto: pikiran rakyat)
Presiden Jokowi. (foto: pikiran rakyat)


SUARAMERDEKA.COM – Pada acara Puncak Peringatan Hari Santri Nasional Jumat 22 Oktober 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan kalangan santri dan lulusan pondok pesantren dapat menggerakkan perekonomian yang inklusif.

Peringatan Hari Santri 2021 yang diadakan di Istana Negara tersebut sekaligus meluncurkan logo baru Masyarakat Ekonomi Syariah.

“Karena itu kita harus mendorong munculnya lebih banyak lagi entrepreneur, wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren,” kata Jokowi.

Baca Juga: Tembakkan Senjata Api, Aktor Alec Baldwin Tewaskan Seorang Sinematografer

Menurut Jokowi, orientasi santri saat ini bukan untuk mencari kerja, melainkan menciptakan pekerjaan bagi masyarakat.

“Peran pendidikan di pesantren, madrasah maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis dan mampu mencetak lulusan yang inovatif dan mempunyai jiwa wirausaha, mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses,” tambahnya.

Walaupun demikian, Jokowi menyadari pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru membutuhkan dukungan akses pembiayaan yang besar.

Karena itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai rancangan bantuan seperti program Mekar, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Bank Wakaf Mikro bagi para santri yang ingin berwirausaha

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Kaliwungu jadi Percontohan Penerapan QRIS

Kamis, 25 November 2021 | 16:49 WIB

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB
X