Presiden: Indonesia harus jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah dan Industri Halal Dunia

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:34 WIB
Presiden Jokowi (foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi (foto: BPMI Setpres)




SUARAMERDEKA.COM - Peringatan Hari Santri Nasional 2021 digelar di Istana Presiden bersamaan dengan peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pada hari Jumat 22 Oktober 2021. Presiden Joko Widodo hadir dan memberi sambutan dalam acara spesial ini.

Dalam sambutannya, Ia menekankan bahwa sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia sekaligus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah global.

“Berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Indicator Report, sektor ekonomi syariah Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang berarti. Tahun 2018, ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia.

Kemudian di tahun 2019, naik menjadi peringkat 15. dan, tadi seperti yang disampaikan oleh Bapak Wapres, di tahun 2020 ekonomi syariah Indonesia sudah berada di peringkat empat dunia. Naik, naik, naik terus,” jelasnya sebagaimana dikutip suaramerdeka.com di laman setkab.id.

Baca Juga: Pesantren Mampu Hadapi Pandemi, Menag Yaqut: Bukti Nyata di Tengah Keterbatasan Fasilitas

Presiden RI ini menyatakan perlu adanya upaya yang sinergis antarpemangku kepentingan agar ekonomi syariah di tanah air dapat tumbuh lebih pesat.

Ia berharap masyarakat ekonomi syariah dapat menjadi jembatan bagi seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah, untuk membangun ekosistem ekonomi syariah di Indonesia dan membangun ekonomi inklusif yang memberdayakan dan mampu bertahan menghadapi berbagai macam krisis.

Selain itu, kepala negara Republik Indonesia ini juga menyampaikan bahwa ia mendorong Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk menjadi lokomotif perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 pada Pasien Kulit dan Kelamin, Begini Rekomendasi dari Perdoski

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hyundai Optimistis Creta Bisa Merajai Segmen SUV

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB
X