Penataan Frekuensi, Gerakkan Rantai Ekonomi dan Hidupkan Peluang Bisnis

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Perajin ketapel membuat video promosi untuk sosial media di Little Margo Catapult, Depok, Jawa Barat, Senin (13/9/2021). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pertumbuhan ekonomi kreatif  pelaku usaha berbasis digitalisasi di Jawa Barat mengalami pertumbuhan 40 persen di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc. (ASPRILLA DWI ADHA)
Perajin ketapel membuat video promosi untuk sosial media di Little Margo Catapult, Depok, Jawa Barat, Senin (13/9/2021). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pertumbuhan ekonomi kreatif pelaku usaha berbasis digitalisasi di Jawa Barat mengalami pertumbuhan 40 persen di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc. (ASPRILLA DWI ADHA)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ekonomi Indonesia yang digerakan dengan tatap muka dan interaksi antar orang, mengalami perlambatan ketika pandemi Covid-19 melanda.

Sebagai gambaran, tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai angka 5,17 persen.

Pada saat pandemi terjadi, ekonomi melambat hingga sempat menembus angka minus 2 persen. 

Saat menilik lebih jauh, sekalipun melambat, ada beberapa sektor yang justru meningkat.

Baca Juga: Lirik Lagu Yalal Wathon, Biasa Dinyanyikan Saat Hari Santri Nasional

Menurut data BPS, memang banyak sektor negara kita menurun tajam, misalnya pertambangan 1,95 persen, perdagangan minus 3,72 persen dan transportasi serta perhotelan minus 13,04 persen.

Tapi sektor kehutanan naik 1,75 persen, kemudian jasa keuangan dan asuransi juga naik 5 persen lebih.

Sektor penyiaran dan informasi mendapatkan berkah dari pandemi ini. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti dalam Seminar Nasional dengan tema Penyiaran sebagai Pendorong Kebangkitan Pasca Pandemi di Auditorium Sarsito Mangunkusumo, RRI Surakarta, belum lama ini.

Sementara itu, sektor yang tumbuh pesat juga ada. Sektor informasi dan komunikasi meningkat tajam selama pandemi, yaitu mencapai 10,8 persen.

Baca Juga: Resmikan Gedung Menara, Ini Cerita Mahfud MD soal Keterlibatannya dengan USM

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB
X