PCNU Kudus Luncurkan E-commerce Gusjigangstore.id

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 10:44 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

KUDUS, suaramerdeka.com — Sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Santri di tengah pandemi Covid-19,  Penfurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kudus meluncurkan palatform e-commerce Gusjigangstore.id.

Ketua PCNU Kudus, Drs H Asyrofi Masyito menjelaskan, program tersebut dipelopori oleh LPPNU bekerja sama dengan Lakpesdam NU dengan sentuhan keterampilan IT Anjas Pramono, pemuda inspiratif asal Kudus yang baru saja mendapatkan peghargaan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kegiatan itu mendapat perhatian publik karena bersamaan dengan digelarnya Blended Bazar produk olahan tani dan kreasi santri di Kampung Kota Kudus. 

Disebut blended bazar karena menggabungkan bazar off line dan online sebagai solusi pasar di era new normal.  Ada kerinduan untuk berjumpa antara penjual dan pembeli dalam forum ini. NU perlu menfasilitasi keduanya.  

Menurut Asyrofi, kehadiran gusjigang store ini sebagai respon atas kegelisahan warga NU Kudus dalam menghadapi krisis berbagai dimensi akibat pandemi Covid-19 sehingga sumber ekonomi masayarakat menurun karena kebijakan kerja dan sekolah serba di rumah yang berdampak meledaknya pasar online.

Keteladanan Ulama

Ketua Lakpesdam Kudus Nur Said mengatakan, hari santri mengingatkan keteladanan para ulama dalam menyiapkan barisan sumber daya manusia di bidang ekonomi yang handal melalui  Nahdlatut Tujjar. Hal yang sama juga dilakukan oleh Sunan Kudus dengan semangat Bagus, Ngaji dan Dagang (Gusjigang) yang menjadi inspirasi nama platform ini.

"Kita perlu meneruskan dakwah bilhal para ulama dengan aksi nyata gerakan ekonomi meski berawal dari yang kecil.  Think big, Star small (berpikir besar, mulai dari yang kecil).  Atas dasar semangat inilah gusjigangstore.id digagas," kata Nur Said.

Sementara Ketua LPPNU Kudus Rois Noor, optimistis ekonomi warga NU akan segera bangkit. Menurut pengamatannya berbagai produk olahan hasil tani dan juga ekonomi kreatif warga NU begitu melimpah.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

40 UMKM di Demak Dilatih Siap Masuk Pasar Ekspor

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:17 WIB
X