Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021 Dibuka, Presiden Minta Jajaran Manfaatkan Potensi Pasar Ekspor

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 20 Oktober 2021. (BPMI Setpres / Muchlis Jr)
Presiden Joko Widodo saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 20 Oktober 2021. (BPMI Setpres / Muchlis Jr)

BOGOR, suaramerdeka.com - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo Tahun 2021, resmi dibuka Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu 20 Oktober 2021 pagi.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya, mengapresiasi atas inisiatif Apkasi untuk segera menggerakkan perekonomian daerah melalui penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo 2021 ini.

“Saya menyambut baik diselenggarakannya Otonomi Expo 2021 yang diselenggarakan oleh Apkasi ini. Ini merupakan ajang untuk saling tahu, saling bekerja sama, memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah, dan sekaligus juga memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain, termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru,” ujar Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan itu, Presiden meminta jajaran Apkasi untuk memanfaatkan potensi pasar ekspor yang dinilainya masih terbuka lebar seiring dengan mulai pulihnya perekonomian di negara mitra dagang Indonesia.

Baca Juga: 2023 Jadi Tahun Pemantapan Partai Golkar, Airlangga Ajak Kader Makin Kompak

Tiongkok mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,9 persen, Amerika Serikat 12,2 persen, Jepang 7,6 persen, dan India bahkan tumbuh 20,1 persen.

“Peluang ini yang harus kita manfaatkan untuk mendorong komoditas kita, produk-produk kita masuk ke negara-negara yang tadi saya sebut,” imbuhnya.

Pertumbuhan ekspor Indonesia terlihat dari nilai ekspor nasional yang mencapai 142 miliar Dolar AS pada periode Januari-Agustus 2021.

“Artinya ekspor kita tumbuh sangat bagus sekali, 37,7 persen year on year. Hampir semua negara sekarang ini membutuhkan komoditas-komoditas kita sehingga jangan sampai ada daerah yang justru menghambat, membuat ruwet perizinan, tidak mendorong agar ekspor kita bisa berkembang dengan baik,” ujar Kepala Negara.

Baca Juga: UKSW dan TNI Salurkan Vaksin Dosis Kedua

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB
X