Masih Tinggi, Harga 7 Komoditas Pangan Indonesia Sebenarnya Masih Bisa Ditekan

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:52 WIB
Ilustrasi, bahan pangan, (Foto: Net)
Ilustrasi, bahan pangan, (Foto: Net)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Keluarga Indonesia seharusnya bisa berhemat Rp 179.381 bulan ini karena harga tujuh komoditas pangan sebenarnya bisa ditekan menjadi lebih murah.

Hal soal komoditas pangan itu berdasarkan pantauan Indeks Bulanan Rumah Tangga (Bu RT) Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).

Indeks BURT mengamati pengeluaran untuk pembelian bahan pangan pokok masyarakat Indonesia dibandingkan dengan pengeluaran serupa di Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Penghematan dihitung dengan mengalikan perbedaan harga komoditas pangan di Indonesia dan harga terendah komoditas pangan di negara lain dengan tingkat rata-rata konsumsi tiap komoditas.

Baca Juga: AMI Awards 2021: 'Bangkit dan Berlari' Barasuara Masuk Nominasi

Hasilnya kemudian dikalikan dengan jumlah rata-rata anggota keluarga Indonesia, yaitu empat orang.

“Jumlah yang bisa dihemat sangat berpengaruh bagi keluar berpenghasilan rendah. Mereka bisa mengalokasikan uang ini untuk kebutuhan lain, seperti biaya kesehatan atau sewa rumah,” jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Indra Setiawan.

Harga tujuh komoditas pangan di Indonesia masih lebih tinggi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti inefisiensi proses produksi, keterbatasan stok hingga penyerapan pasar yang masih rendah akibat kebijakan pembatasan sosial.

Harga komoditas pangan yang tinggi dan berkurangnya penghasilan keluarga berpenghasilan rendah di masa pandemi telah membuat mereka lebih memilih mengonsumsi pangan yang mengenyangkan dan murah dibandingkan dengan yang bergizi.

Baca Juga: Beralih ke Siaran TV Digital, Ini Cara Setting TV Analog dengan Set Top Box

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X