Harga Minyak Global Mundur Usai Data Produksi Industri AS Turun

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:48 WIB
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Turunnya data produksi industri Amerika Serikat, membuat harga minyak global mundur setelah menyentuh level tertinggi multi-tahun pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB).

Turunnya data produksi untuk September itu membuat minyak diperdagangkan beragam sekaligus meredam antusiasme awal tentang permintaan.

Untuk pengiriman November, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS menetap 16 sen atau 0,19 persen lebih tinggi, pada 82,44 dolar AS per barel, setelah mencapai 83,87 dolar AS per barel, tertinggi sejak Oktober 2014.

Sementara pada pengiriman Desember, minyak mentah berjangka Brent merosot 53 sen atau 0,6 persen, menjadi ditutup di 84,33 dolar AS per barel setelah mencapai 86,04 dolar AS per barel, tertinggi sejak Oktober 2018.

Baca Juga: Kakap Asam Manis yang Memanjakan Lidah, Ini Resepnya

Kedua kontrak naik setidaknya 3,0 persen minggu lalu.

Produksi di pabrik-pabrik AS turun paling tajam dalam tujuh bulan pada September karena kekurangan semikonduktor global yang berkelanjutan menekan produksi kendaraan bermotor, bukti lebih lanjut bahwa kendala pasokan menghambat pertumbuhan ekonomi.

"Pasar minyak dimulai dengan banyak kegembiraan, tetapi data yang lemah pada produksi industri AS menyebabkan orang kehilangan kepercayaan terhadap permintaan, dan China merilis data yang meningkatkan kekhawatiran itu," kata Phil Flynn, analis senior di Price Futures Group di New York.

Meningkatnya ekspektasi produksi kian memperparah data industri yang lebih lemah Senin 18 Oktober 2021, yang lebih lanjut membebani sentimen pasar.

Baca Juga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 8 November, Airlangga: Evaluasi Masih Dilakukan Tiap Minggu

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hyundai Optimistis Creta Bisa Merajai Segmen SUV

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB
X