Polri Tindak Pinjaman Online Ilegal, AFPI Beri Apresiasi Tinggi

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Penggerebekan kantor Pinjol di Jakut. ( dok. Polda Metro Jaya).
Penggerebekan kantor Pinjol di Jakut. ( dok. Polda Metro Jaya).

JAKARTA, suaramerdeka.com - Usai pidato Presiden Joko Widodo di pembukaan acara OJK Innovation Day 2021 lalu, yang memberikan perhatian soal kemunculan pinjaman online atau pinjol yang merugikan masyarakat, pihak kepolisian Republik Indonesia pun bergerak cepat.

Tak berselang lama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya untuk menindak tegas pinjaman online ilegal yang telah merugikan masyarakat tersebut.

Perintah Kapolri, kemudian dilaksanakan jajarannya dan alhasil, sejumlah lokasi di berbagai wilayah yang menjadi kantor pinjaman online ileggal digerebek dalam kurun waktu seminggu terakhir ini.

Terkait hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Adrian Gunadi mengapresiasi setinggi-tingginya atas langkah penindakan Polri terhadap pinjaman onlile ilegal baru baru ini.

Baca Juga: Kenali Doping dalam Olahraga, Ini Kriteria dan Efek Sampingnya

"Langkah ini diharapkan akan menciptakan rasa tenang bagi masyarakat, yang selama ini mengalami pengalaman bunga tinggi, penagihan kasar dan tidak beretika serta diakses dan disalahgunakan data pribadinya oleh para pinjaman online illegal,” kata Adrian.

AFPI, kata dia, telah memberhentikan keanggotaan PT. Indo Tekno Nusantara sebagai anggota pendukung (member associate) kategori agen penagihan, dikarenakan perusahaan tersebut melayani penagihan pinjaman online ilegal, per tanggal 15 Oktober 2021 kemarin.

"Hal itu sebagai wujud komitmen dan dukungan asosiasi dalam pemberantasan pinjol ilegal, serta terkait dalam rangkaian penindakan yang dilakukan oleh aparat kepolisian," tambah Adrian.

Saat ini, jumlah anggota yang berada di bawah naungan AFPI terdiri dari 106 perusahaan penyelenggara Fintech Pendanaan Bersama dan 43 anggota pendukung ekosistem Fintech, diantaranya juga termasuk perusahaan penyedia jasa penagihan.

Baca Juga: Produksi Pabrik AS Catat Penurunan Terbesar, Dolar Melemah pada Akhir Perdagangan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X