Sandiaga: Program Kadin Jateng Tangkap Peluang Aplikasikan Revolusi Industri

- Sabtu, 10 Oktober 2020 | 18:15 WIB
Sandiaga: Program Kadin Jateng Tangkap Peluang Aplikasikan Revolusi Industri. (suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)
Sandiaga: Program Kadin Jateng Tangkap Peluang Aplikasikan Revolusi Industri. (suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pengusaha Sandiaga Uno melihat Kadin Jawa Tengah dengan program "Tangkap Peluang" benar-benar mengaplikasikan apa yang terjadi dengan revolusi industri 4.0. Menurutnya ada tiga hal yang mengindikasikan bahwa Kadin Jawa Tengah.

Baca juga: Kadin Jawa Tengah Launching Program Tangkap Peluang

Pertama, adalah kerja dulu berbeda dengan dahulu di mana harus ada dulu. Yang kedua, dulu di asosiasi marketing dan ikatan akuntansi selalu fokus pada proses,proses dan sekarang dipaksa ke hasil, hasil dan hasil.

"Nah jadi proses inu terus bergerak, landscape-nya terus berubah. Misalnya ketika pandemi di mana awalnya fokus pada produk-produk kesehatan bergerak ke produk-produk preventif, untuk bagaimana berkaitan dengan hidup sehat," kata Sandiaga saat talkshow usai launching Kadin Jawa Tengah "Tangkap Peluang" Lintas Provinsi Lintas Pulau di Menara Suara Merdeka, Sabtu (10/10).

Ketiga, era lalu fokus pada kompetisi sekarang bergerak ke kolaborasi. Jadi kalau mempunyai produk, tidak perlu capai-capai memasarkan sendiri karena sekarang dropshipper dan kain-lain.

"Pemerintah saat ini sedang mengusahakan vaksin Covid-19, tetapi kami sudah mempunyai vaksin sendiri untuk pulih perekonomian, yaitu optimisme," tuturnya.

Sandiaga berjanji, akan memberikan peluang-peluang, jaringan dan memberi dukungan kongkrit terhadap pelaku UMKM terutama di Jateng.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Harga Emas Naik di Tengah Kekhawatiran Inflasi AS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:48 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB

Tekan Biaya Operasional Logistik dengan Dexlite

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:24 WIB
X