Festival Kopi Muria Tingkatkan Perekonomian Desa Kajar

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Wana Wisata Pijar Park. (suaramerdeka.com / dok)
Wana Wisata Pijar Park. (suaramerdeka.com / dok)

KUDUS, suaramerdeka.com - Desa Kajar Kab. Kudus yang terkenal akan produksi kopinya mencoba untuk mempopulerkan produk lokal.

Sebagaimana yang disampaikan Direktur Wana Wisata Pijar Park Yusuf Deryoso, pelaksanaan Festival Kopi Muria yang dilaksanakan di Wana Wisata Pijar Park pada 16-17 Oktober 2021 ini bertujuan mengangkat produk kopi Muria agar bisa mendunia dan lebih terkenal.

“Yang utama adalah gara petani kopi Muria itu, bisa mengeluarkan kopi/barangnya berupa produk bukan barang mentah, bukan kopi dari hutan atau kebun yang dijual ke tengkulak atau ke daerah lain dan diakui oleh daerah lain. Intinya ingin untuk menambah nilai ekonomis” jelasnya.

Dalam Festival Kopi Muria tersebut diselenggarakan pula kompetisi barista yang akan menghadirkan Qiqie Biannt sebagai Juri Tamu Queen of Late Art Jogja, Gabriella Fernanda sebagai Juri Artis.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Berawan dan Berpotensi Diguyur Hujan Berintensitas Ringan

Lima juri umum diantaranya Octavianus Boli, A.Md (Q Processing(Professional)-Java Legend), Bimo Sakti Bagus, T. ST (Q Processing (Generalist)- Java Legend), Nanda Dika Arsena (Q Arabica Grader-Java Legend), Naufal Islah (Barista Profesional-Java Legend), Doni (Professional Kopi-Kopi Thong).

Sebagai penggiat dan pengelola wisata di Desa Kajar Yusuf menyampaikan apresiasi atas support penuh dari LPPM IAIN Kudus dalam acara Festival Kopi Muria serta kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat lainnya.

“Kami merasa terbantu dengan program-program dari IAIN Kudus, yang membantu turun ke lokasi, tentang kreativitas, dan supportnya, sehingga terjadi komunikasi yang baik dengan IAIN Kudus.

Yusuf menuturkan tak hanya tentang kopinya saja, adanya Festival Kopi Muria mempresentasikan ekonomi kerakyatan dan kearifan lokal

.Baca Juga: Main Agresif, Kunci Kemenangan Antony Sinisuka Ginting Atas Lee Zii Jia

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X