PLN Jaga Ketersediaan Pasokan Listrik dari Ancaman Layang-layang

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Petugas PLN sedang mengambil layang-layang yang tersangkut di kabel SUTET. (suaramerdeka.com / dok)
Petugas PLN sedang mengambil layang-layang yang tersangkut di kabel SUTET. (suaramerdeka.com / dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Sebagai sebuah BUMN yang bergerak di sector ketenagalistrikan, PLN dituntut untuk menyediakan pasokan listrik yang andal ke pelanggan.

Ketersediaan pasokan listrik tersebut melalui sejumlah proses dari hulu ke hilir di antaranya proses pembangkitan, transmisi dan distribusi.

Energi listrik diproduksi di Sisi Pembangkitan untuk kemudian disalurkan ke Sisi Distribusi hingga bisa dinikmati pelanggan.

Keandalan dari ketiga sisi proses bisnis tersebut mendapat prioritas khusus PLN agar tidak terjadi gangguan yang dapat menyebakan terganggunya pasokan listrik.

Baca Juga: Makin Mesra Bareng Ariel, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Dina Lorenza

Adapun proses penyaluran dari pembangkit ke distribusi memerlukan media, berupa saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) dan saluran udara tegangan tinggi (SUTT).

PLN Unit Pelaksana Transmisi Salatiga sebagai salah satu unit pengelola Transmisi di Sistem Interkoneksi Jawa Madura Bali, berperan dalam meningkatkan keandalan jaringan transmisi.

Dalam menjalankan perannya itu, tak jarang PLN menghadapi banyak tantangan terutama dalam mengatasi gangguan yang dapat menyebabkan terhentinya pasokan listrik hingga menyebabkan listrik padam.

Salah satu penyebab gangguan yang sering terjadi di Tahun 2021 ini adalah gangguan yang disebabkan layang-layang.

Baca Juga: Laporan Keuangan Semakin Baik, Demak Lima Kali Raih WTP

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X