Percepatan Transformasi Digital Keuangan, Ini Beberapa Kebijakan dari OJK

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:36 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat memberi sambutan dalam OJK Virtual Innovation Day 2021. (BPMI Setpres / Kris)
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat memberi sambutan dalam OJK Virtual Innovation Day 2021. (BPMI Setpres / Kris)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pelaksanaan transformasi digital di sektor jasa keuangan terus dipercepat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat sehingga mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan hal tersebut pada OJK Virtual Innovation Day 2021, awal pekan ini di Istana Negara, Jakarta.

“Kebijakan OJK dalam mempercepat pelaksanaan transformasi digital di sektor keuangan terfokus pada dua hal strategis, yaitu memberikan layanan dan produk yang cepat, murah, dan kompetitif kepada masyarakat serta memberikan kemudahan dan memperluas akses masyarakat yang unbankable dan para pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan produk dan layanan keuangan digital,” kata Wimboh.

Untuk mendorong digitalisasi di sektor keuangan, Ketua Dewan Komisioner OJK menjelaskan, pihaknya telah mengeluarkan berbagai kebijakan.

Baca Juga: Profesor Singapura Puji Presiden Joko Widodo Jenius, Pengamat: Harusnya Objektif

Pertama, Peraturan OJK terkait bank digital, yang memberikan ruang bagi bank untuk masuk ke dalam ekosistem digital serta mengembangkan produk dan layanan bank berbasis digital untuk bank berskala kecil seperti BPR.

Kesempatan yang sama juga dikembangkan untuk lembaga keuangan mikro termasuk bank wakaf mikro.

Kemudian, OJK juga memberikan ruang gerak yang lebih besar bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi UMKM go-digital.

Wimboh menuturkan, OJK sedang dan terus membangun ekosistem UMKM berbasis digital secara terintegrasi mulai dari hulu sampai ke hilir.

Baca Juga: PKL dan UMKM Dapat Bantuan Tunai, Bupati Kendal: untuk Pemulihan Ekonomi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X