Kompensasi PPKM Darurat, Pedagang dan UMKM Salatiga dan Kabupaten Semarang Terima Rp 1,2 Juta

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:00 WIB
PKL, UMKM, dan pedagang warungan di Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, antre mengambil bantuan kompensasi PPKM Darurat di Aula Kodim 0714 / Salatiga. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
PKL, UMKM, dan pedagang warungan di Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, antre mengambil bantuan kompensasi PPKM Darurat di Aula Kodim 0714 / Salatiga. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Ribuan pedagang kaki lima (PKL), pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta pedagang warungan, di wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, menerima bantuan tunai yang disalurkan lewat Kodim 0714/Salatiga.

Bantuan tunai tersebut sebagai kompensasi bagi PKL, pedagang warungan, dan pelaku UMKM, karena terdampak penerapan PPKM Darurat saat pandemi Covid-19.

Setiap penerima bantuan mendapat Rp 1,2 juta tanpa potongan pajak, di mana untuk Kota Salatiga ada 2.000 penerima dan untuk Kabupaten Semarang ada 4.500 penerima, dengan total penerima 6.500 orang.

''Mereka yang berhak menerima bantuan itu, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM masing-masing daerah. Kemudian dilakukan pengecekan di lapangan. Tidak ada duplikasi penerima, karena yang sudah menerima bantuan sejenis dari pemerintah daerah, tidak akan mendapatkan bantuan lagi,'' kata Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada.

Baca Juga: Toko Swalayan Menjamur di Kebumen, Bupati Tak Keluarkan Izin Baru

Untuk pengecekan para penerima lapangan melibatkan tiga institusi yakni TNI (Babinsa), Polri (Bhabinkabtimas), dan Pemda (dinas terkait).

Adapun penyerahan bantuan berlangsung di Makodim 0714/Salatiga di Jalan Diponegoro.

Secara simbolis penyerahan dilakukan Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada, Wali Kota Salatiga Yuliyanto SE MM, Asisten Bidang Kesra Pemkab Semarang Heru Purwantoro, dan Forkopinda Kota Salatiga/Kabupaten Semarang.

Agar tidak terjadi penumpukan penyerahan bantuan dilakukan bertahap, di mana setiap hari ditarget 500 hingga 700 penerima.

Baca Juga: Anugerah ASN, Langkah Nyata Pemerintah dalam Memberi Pengakuan dan Penghargaan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X