BI Dorong Warga Gunakan QRIS Sebagai Kanal Transaksi

- Selasa, 22 September 2020 | 06:35 WIB
BI Dorong Warga Gunakan QRIS Sebagai Kanal Transaksi. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)
BI Dorong Warga Gunakan QRIS Sebagai Kanal Transaksi. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)

BLORA, suaramerdeka.com - Di saat pandemi Covid-19 masih berlangsung, Bank Indonesia dorong warga untuk gunakan  QR Code Indonesian Standard (QRIS), atau di masyarakat lebih dikenal dengan istilah barcode, sebagai kanal pembayaran (transaksi) yang meminimalkan sentuhan.

Baca juga: QRIS BI Dorong Digitalisasi Giat Keagamaan

Hal itu dikemukakan, Deputi Kepala Perwakilan  Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Andry Prasmuko,  di sela-sela acara launching QRIS PBB P2, di pendapa Rumah Dinas Bupati Blora, Senin (21/9). Dikatakan, dengan QRIS dijamin merupakan kanal transaksi yang higiens, aman, dan handal. Hadir di acara itu, Bupati Blora dan Direktur Operasional dan Digital Banking Bank Jateng, Rahadi Widayanto.

QRIS dapat discan atau dipindai dengan menggunakan aplikasi dompet elektronik apapun yang dimiliki oleh masyarakat seperti Gopay, OVO,
LinkAja, ShopeePay dan lain-lain.

Untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan Pemerintah, Bank Indonesia juga telah berkoordinasi dengan Kemendagri, Kemenkeu, OJK, dan Perbankan untuk mendorong implementasi pengelolaan keuangan pemerintah daerah secara digital.

Dengan penerapan digitalisasi pengelolaan keuangan pemerintah daerah dapat meningkatkan penerimaan pemerintah karena memberikan lebih banyak pilihan cara pembayaran kewajiban pajak dan retribusi oleh masyarakat dan menghindari kebocoran.

Aplikasi Dompet

Untuk menggunakan QRIS, masyarakat hanya perlu menggunakan aplikasi dompet elektronik yang ada di hp masing-masing sehingga tidak perlu menyentuh alat lain. QRIS ini dapat pula dikirimkan dengan mudah secara online menggunakan media sosial dan dapat menjadi salah satu cara pembayaran pajak dan retribusi oleh masyarakat.

Dijelaskan,  saat ini telah terdapat 40 Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) Bank maupun Non Bank yang dapat menerbitkan QRIS untuk pemerintah, masyarakat, maupun lembaga-lembaga sosial keagamaan. ''Dalam konteks wilayah Jawa Tengah, Bank Jateng bekerjasama dengan PT Telkom untuk menerbitkan QRIS,'' papar  Andry Prasmuko.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X