Harga Daging dan Telur Ayam Ras di Purwokerto Diprediksi Terkendali

- Rabu, 9 September 2020 | 06:30 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Purwokerto memprediksi harga daging dan telur ayam ras terkendali. Hal ini dapat menekan laju inflasi di Kota Purwokerto dan Cilacap pada September 2020.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Samsun Hadi, harga komoditas makanan seperti daging ayam ras, telur ayam ras dan bawang merah diperkirakan terkendali seiring dengan pasokan yang mencukupi. "Panen raya bawang merah di sentra produksi akan berlangsung hingga September 2020, dan pasokan akan berkurang saat memasuki musim hujan pada Oktober 2020," katanya.

Adapun risiko tekanan laju inflasi dari dua kabupaten tersebut antara lain, masih tingginya harga emas perhiasan, harga beras pascapanen dan meningkatnya harga bawang putih. Pada Agustus Kota Purwokerto deflasi 0,12 persen sedangkan Kabupaten Cilacap deflasi 0,09 persen. Deflasi di dua kabupaten tersebut terpantau lebih rendah dibandingkan dengan deflasi Jawa Tengah (0,03 persen) dan nasional (0,05 persen).

Adapun upaya pengendalian harga oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Banyumas dan Cilacap dengan melakukan pemantauan harga komoditas bahan pangan strategis. Kemudian peningkatan pasokan bahan makanan, terutama beras, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih, serta melakukan koordinasi antardaerah dalam upaya pengendalian inflasi.

Di Kabupaten Cilacap, melakukan pemantauan harga komoditas pertanian dan peternakan di tingkat pasar dan produsen, monitoring harga sembako dan rapat koordinasi tim teknis TPID.   

Samsun Hadi mengatakan, ke depan Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah, baik di tingkat pusat dan daerah dan pihak terkait lainnya sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan keterjangkauan harga, khususnya bahan kebutuhan pokok.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Prospek Bisnis Antam Dapat Dongkrak Harga Saham

Jumat, 30 Juli 2021 | 14:05 WIB
X