Pembangunan KIB Terkesan Digantung, Idza : Investor Sudah Menunggu

- Sabtu, 5 September 2020 | 10:30 WIB
DIALOG : Bupati Brebes, Idza Priyanti tengah berdialog dengan Asdep Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air, Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Rahman Hidayat, di Pendapa Kabupaten Brebes. (suaramerdeka.com / Bayu Setiawan)
DIALOG : Bupati Brebes, Idza Priyanti tengah berdialog dengan Asdep Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air, Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Rahman Hidayat, di Pendapa Kabupaten Brebes. (suaramerdeka.com / Bayu Setiawan)

BREBES, suaramerdeka.com  – Bupati Brebes Idza Priyanti meminta pemerintah pusat mempercepat pembangunan Kawasan Industri Brebes (KIB). Proyek strategis tersebut jangan digantung mengingat sejumlah investor sudah menunggu. Jika kawasan tersebut tidak segera dibangun bisa jadi investor lari.

"Jangan sampai investornya lari dan pindah ke daerah lain,” kata Idza saat menerima kunjungan Asisten Deputi (Asdep) Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air, Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Rahman Hidayatdi  Pendapa Bupati Brebes, Jumat (4/9).

Bupati mengaku senang kehadiran Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia bisa memberi bantuan dan arahan untuk lebih mempercepat proses pembangunan KIB.

Sementara itu, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi memastikan proses pembangunan KIB berjalan lancar. Kepastian itu ditegaskan Asisten Deputi (Asdep) Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air, Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Rahman Hidayat.

Untuk itu, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi tingkat pusat yang melibatkan seluruh unsur terkait untuk menemukan faktor penghambat dan solusi penanganannya agar KIB bisa secepatnya dapat terbangun. “Secepatnya kami akan gelar rakor dengan semua unsur terkait, untuk mendengarkan semua kendala, kebutuhan dan solusinya,” ungkap Rahman Hidayat.

Sementara, Pemkab Brebes telah menyiapkan beberapa opsi untuk ikut mendukung kelancaran proses pembangunan KIB. Langkah pusat tersebut agar proses pembangunan KIB tidak terkesan menggantung dan lamban. Pandemi Covid-19 memang menjadi salah satu kendala, namun dengan berangsurnya pemulihan kondisi bisa mempercepat pembangunan KIB.

Sekda Pemkab Brebes Djoko Gunawan menambahkan, Pemkab Brebes sudah menyiapkan beberapa opsi lain guna mewujudkan pembangunan KIB. Salah satunya, dengan menyiapkan pihak ketiga yang siap membantu pengembangan KIB. jika PT Wijaya Kusuma tidak. “Kita sudah siapkan beberapa opsi untuk mewujudkan KIB ini. Termasuk, opsi menyiapkan pihak ketiga jika PT Wijaya Kusuma tidak sanggup melaksanakan pembangunan KIB,” katanya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X