Petrokimia Gresik Resmikan “Akhlak” Sebagai Value Core Perusahaan

- Kamis, 20 Agustus 2020 | 09:12 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Petrokimia Gresik meresmikan Akhlak sebagai core value atau tata nilai perusahaan baru yang merupakan gagasan Menteri BUMN Erick Thohir. Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi menyebutkan bahwa Akhlak merupakan akronim dari kata Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Tata nilai ini akan diimplementasikan dan menjadi budaya kerja dan pedomam dalam menjalankan bisnis bagi seluruh insan Petrokimia Gresik.

“Budaya baru ini sangat sejalan dengan sasaran dari program Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik, yaitu menjadi perusahaan solusi agroindustri untuk pertanian yang berkelanjutan,” ujar Rahmad.

Petrokimia Gresik, lanjut Rahmad, berkomitmen menerapkan dan menyinkronkan tata nilai Akhlak ke dalam internal perusahaan.  Rahmad juga berpandangan bahwa salah satu tantangan terbesar perusahaan BUMN saat ini, termasuk Petrokimia Gresik, adalah bagaimana menjadi perusahaan bertaraf internasional dan berdaya saing tinggi di pasar global. Apalagi pada era disruptif seperti saat ini.

Baca juga: Petrokimia Gresik Perkuat Industri Manufaktur Perusahaan BUMN

Rahmad juga menyebutkan bahwa saat ini yang dibutuhkan oleh perusahaan BUMN adalah suatu budaya kerja yang bisa menyinkronkan antara kepentingan bisnis dengan etika dan moralitas.  Rahmad juga menyebutkan bahwa budaya transformatif merupakan pondasi utama dalam Total Transformation Model, yang meliputi Business, Leadership, dan Culture Transformation. Ketiga hal ini merupakan poin penting atas keberhasilan program transformasi bisnis.

“Tata nilai Akhlak sebagai sebuah Culture Transformation akan mendukung Business dan Leadership Transformation. Tanpa perubahan Culture, maka akan sulit untuk melakukan transformasi di bidang Business dan Leadership,” ujar Rahmad.

Akhlak sebagai core value yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir telah ditetapkan sebagai pedoman budaya kerja seluruh perusahaan BUMN di bawah Kementerian BUMN sesuai Surat Edaran Menteri BUMN Nomor : SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020.

“Dengan bekerja dan memegang teguh tata nilai Akhlak, mari kami wujudkan Petrokimia Gresik ber-Akhlak dalam mencapai tujuan mendukung ketahanan pangan nasional melalui pertanian berkelanjutan sebagai pemimpin solusi agroindustri,” tutup Rahmad.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Dongkrak Penjualan UMKM, Warung Serasi Resmi Dibuka

Selasa, 21 September 2021 | 21:57 WIB
X