Harga Minyak Rebound Usai Anjlok dari Level Tertinggi Multi-Tahun

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 09:24 WIB
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Setelah anjlok dari level tertinggi multi-tahun sehari sebelumnya, harga minyak berjangka rebound pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB).

Anjloknya harga minyak karena pasar menganggap tidak mungkin Amerika Serikat akan merilis cadangan minyak mentah daruratnya atau melarang ekspor untuk mengurangi pasokan yang ketat.

Untuk pengiriman Desember, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember bangkit 87 sen atau 1,1 persen, menjadi menetap di 81,95 dolar AS per barel, setelah anjlok 1,8 persen sehari sebelumnya.

Untuk pengiriman November, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah 87 sen atau 1,1 persen, menjadi ditutup pada 78,30 dolar AS per barel. WTI juga merosot 1,9 persen di sesi sebelumnya.

Baca Juga: Gim Petualangan Sima Sampai Thailand, Diujicobakan di SILN Bangkok

Pagi harinya, kedua kontrak acuan sempat terpuruk sekitar 2 dolar AS per barel, di mana Departemen Energi AS mengatakan semua "alat selalu tersedia" untuk mengatasi kondisi pasokan energi yang ketat di pasar.

Departemen membuat komentar di tengah pertanyaan tentang apakah Pemerintahan Presiden Joe Biden sedang mempertimbangkan memanfaatkan Cadangan Minyak Strategis (SPR) atau mengejar larangan ekspor minyak untuk menurunkan biaya minyak mentah.

Sementara itu penasihat keamanan nasional Biden mendesak para pemasok energi untuk meningkatkan arus pasokan guna memenuhi permintaan, dengan mengatakan bahwa Amerika Serikat khawatir dengan kegagalan mereka untuk melakukannya.

Cadangan strategis biasanya dipakai Amerika Serikat setelah badai atau gangguan pasokan lainnya.

Baca Juga: PON XX Papua: Pemantauan dan Evaluasi Protokol Kesehatan Diperketat

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Naik di Tengah Kekhawatiran Inflasi AS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:48 WIB

Tekan Biaya Operasional Logistik dengan Dexlite

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:24 WIB
X