Diminati Buyer Korea, Produk IKM dan UMKM Demak Siap Go Internasional

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 20:51 WIB
Bupati Demak Hj Eisti'anah bersama Kadindagkop UMKM Iskandar Zulkarnaen melihat produk IKM yang dipamerkan di Pendapa Kabupaten. (suaramerdeka.com/dok)
Bupati Demak Hj Eisti'anah bersama Kadindagkop UMKM Iskandar Zulkarnaen melihat produk IKM yang dipamerkan di Pendapa Kabupaten. (suaramerdeka.com/dok)

DEMAK, suaramerdeka.com - Sejumlah buyer asal Korea menyatakan tertarik kepada produk Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Demak.

Mereka pun memastikan akan menjalin kerja sama untuk memasarkan produk Kota Wali ke negeri gingseng.

"Ini kesempatan menarik yang perlu direspons agar produk IKM dan UMKM Demak go internasional," kata Bupati Hj Eisti'anah usai mengukuhkan kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Demak periode 2021-2026 di Pendapa, Rabu 6 Oktober 2021.

Dalam kepengurusan Dekranasda baru, posisi Ketua dijabat Khodijah Ali Makhsun, Ketua Harian Kepala Dindagkop UKM dan Wakil Ketua Harian Nani Amrin Singgih Setyono.

Baca Juga: Ada Praktik 'Sepakbola Gajah' Antara Kaltim Lawan Aceh, Menpora: Tidak Ada yang Perlu Dicurigai

Bupati melanjutkan, masih ada beberapa catatan pada produk yang diminati buyer Korea. Di antaranya perlu perbaikan dalam pengemasan (packaging) agar tampilannya lebih menarik.

Demikian pula bentuk kerajinan dapat berupa produk yang disesuaikan dengan permintaan pasar.

Adapun untuk produk makanan olahan perlu penyesuaian rasa dengan selera masyarakat Korea, sehingga dapat cepat diserap oleh pasar.

"Maka Pemkab Demak mendukung penuh kepada Dekranasda untuk melakukan pembinaan terhadap IKM dan UMKM agar muncul karya kreatif dan inovasi baru. Termasuk meningkatkan kerja sama dengan Forum Demak Kreatif," ujar bupati.

Baca Juga: Tersandung Putusan MK, 2 Kalurahan di Sleman Batal Gelar Pilur

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB
X