Memulai Usaha, Sandiaga Uno Minta Pelaku Kuasai Kunci Marketing

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 06:15 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono, melihat kreasi UMKM. (suaramerdeka.com / Eko Edi Nuryanto)
Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono, melihat kreasi UMKM. (suaramerdeka.com / Eko Edi Nuryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menparekraf Sandiaga Uno meminta semua pelaku usaha muda, untuk bisa menguasai kunci marketing dalam memulai sebuah usaha.

Kunci marketing itu diungkapkan Sandiaga Uno dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Kota Semarang-Banyumas di Balai Pertemuan Pusat Rekreasi dan Pameran Pembangunan (PRPP), Semarang, Jawa Tengah pada Rabu 6 Oktober 2021.

Sandiaga Uno menuturkan, kunci sukses sebuah marketing dari usaha ada tiga tahap, yakni persiapan sebelum memulai usaha, investasi untuk mengembangkan usaha di masa mendatang dan memperluas jaringan pertemanan atau jaringan bisnis kerja.

Menurutnya, di tengah krisis pandemi jangan hanya dijadikan sebagai tantangan saja tetapi juga peluang untuk berkarya dan bekerja.

Baca Juga: BPCB: Struktur Benteng Willem I Ambarawa Masih Kuat

“Lapangan kerja semakin terbuka dengan kegiatan ekonomi, yang ditopang oleh ekonomi kreatif. Kami yakin dengan apresiasi kreatif Indonesia dengan total 60 UMKM di berbagai sektor, akan mampu menggerakkan ekonomi seiring melandainya kasus pandemi dan semakin terkendalinya Covid-19. Kita Insya Allah akan pulih,’’ yakin Sandiaga.

Pandemi covid-19 telah membuka banyak peluang usaha, di mana Apresiasi Kreasi Indonesia yang diikuti sebanyak 60 UMKM yang diinisiasi Kemenparekraf adalah salah satu jalan untuk membuka lapangan kerja dan memulihkan perekonomian.

"Insya Allah ekonomi akan pulih, dan kita akan membuka peluang usaha agar lapangan kerja kembali bagi masyarakat, khususnya Jawa Tengah," kata Sandiaga Uno.

Pada kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno didampingi pula Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono.

Baca Juga: Jaringan Seluler Alami Revolusi hingga 5G, Ini Sejarah Perkembangannya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB
X