Prospek Ekonomi Gemilang, Sektor Pariwisata Jadi Lokomotif Penggerak

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:31 WIB
Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono saat memberi sambutan di pelantikan Dewan Pengurus Kadin Karanganyar di pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (4/10) malam. (suaramerdeka.com/Irfan Salafudin)
Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono saat memberi sambutan di pelantikan Dewan Pengurus Kadin Karanganyar di pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (4/10) malam. (suaramerdeka.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng Kukrit Suryo Wicaksono menilai, prospek ekonomi Jawa Tengah ke depan akan gemilang, dengan sektor pariwisata sebagai lokomotif penggeraknya.

Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan dalam pelantikan Dewan Pengurus Kadin Karanganyar masa bakti 2021-2026 di pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (4/10) malam.

Kukrit mengatakan, dalam dua pekan terakhir, sektor pariwisata menggeliat.

"Di Semarang, dua pekan terakhir ini, hotel penuh semua. Resto penuh. Di Solo dan Karanganyar, tentu juga begitu. Yang datang kendaraan dari luar kota. Semua lari ke Jateng," katanya.

Baca Juga: Antisipasi Banjir, Perbaikan Drainase di Kali Semarang Dikebut

Padahal, pandemi Covid-19 belum usai. "Dan kita ini baru nglilir. Belum molet, belum bangun, belum berlari. Tapi respons pariwisata yang dimiliki Provinsi Jateng sudah luar biasa," tuturnya.

Dengan melihat tren tersebut, Kukrit yakin, sektor pariwisata bisa menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi di masa pandemi, dengan menggeret gerbong pengikut yakni perdagangan dan investasi.

Kukrit juga menyinggung soal pengembangan UMKM di Jateng, lewat berbagai kerja sama.

"Kadin Jateng baru saja menandantangani perjanjian dengan BRI Kanwil Jateng, yang berkomitmen membiayai UMKM binaan Kadin Jateng tanpa harus mengeluarkan jaminan. Pembeli produk UMKM ini akan disiapkan Kadin," tuturnya.

Baca Juga: Monash University Kampus Asing Pertama di Indonesia, Cetak Generasi Muda Berdaya Saing Tinggi

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB

4 Smartphone Realme Diperkenalkan di Yogyakarta

Rabu, 10 November 2021 | 17:43 WIB
X