Pemerintah Dorong KUR Untuk Sektor Pertanian dan Perikanan Provinsi Maluku

- Senin, 4 Oktober 2021 | 18:02 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto ekon.go.id

AMBON, suaramerdeka.com - Pemerintah mendorong KUR untuk sektor pertanian dan perikanan di Provinsi Maluku sebagai langkah strategis untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Sekretariat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM berharap terjalin sinergi yang kuat antara Pemerintah Daerah dan Lembaga Penyalur KUR.

Serta Penjamin KUR dalam mengakomodir aspirasi masyarakat dan mengoptimalkan penyaluran KUR, sebagai langkah strategis untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Molnupiravir, Obat Oral yang Mampu Lawan Covid-19, Cek Faktanya!

“Harapan Pemerintah, KUR dapat membantu UMKM dan menopang percepatan pemulihan ekonomi nasional, termasuk membantu pengusaha UMKM di Kota Ambon ini untuk dapat bertahan di tengah pandemi,” kata Menko Airlangga dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kota Ambon, Senin, 4 Oktober 2021.

Airlangga menjelaskan pemerintah dalam mengoptimalkan penyaluran KUR di Provinsi Maluku bersama stakeholders penyalur dan penjamin KUR, yaitu Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Askrindo, dan Jamkrindo.

“Semoga KUR dapat terus mendampingi UMKM mengembangkan usaha dalam memulihkan perekonomian daerah maupun nasional,” ucap Menko Airlangga.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menambahkan pencapaian realisasi KUR pada masa pandemi di 2020 tercatat sebesar Rp198,53 triliun atau lebih tinggi dibandingkan pada masa pra Covid 2019 yang sebesar Rp140,1 triliun.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Penyakit Menular, 4 Pesantren di Demak Siapkan Santri jadi Kader Penanganan TBC

Kinerja penyaluran KUR terus meningkat, realisasi di tahun ini sampai dengan 27 September 2021 telah mencapai Rp200,26 triliun atau 70,27 persen dari target 2021 sebesar Rp285 triliun.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi Melandai, Komoditas Kopi Kembali Bersemi

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:15 WIB
X