Omnichannel Qontak: Cara Baru Tingkatkan Komunikasi Bisnis dalam Produktivitas dan Otomatisasi

- Senin, 4 Oktober 2021 | 10:12 WIB
Qontak. (suaramerdeka.com / dok)
Qontak. (suaramerdeka.com / dok)

Suaramerdeka.com - Tidak seperti tahun 1990an, bisnis di era sekarang tidak lagi dijalankan melalui telepon dan email.

Hal ini dapat terlihat dari banyaknya komunikasi dan interaksi bisnis yang ada di media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Line, dan yang lainnya.

Fenomena inilah yang membangun era komunikasi Omnichannel dan teknologi CRM yang diadopsi secara cepat oleh bisnis-bisnis di Indonesia.

Melansir dari Kominfo, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mendorong masyarakat agar lebih memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga: Kreativitas Tinggi, Seni Bisa Menyentuh Sosial dan Politik

"Berbeda dengan tahap revolusi industri sebelumnya, di tahap ini teknologi dan sistem digital seperti artificial intelligence, cloud computing, dan internet of things, dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu aktivitas sehari-hari," papar Beliau dalam acara Compfest Talk.

Yang patut jadi catatan, apa maksud dari kalimat tersebut? Apa yang dapat dilakukan oleh bisnis dalam memanfaatkan teknologi digital?

Instagram memiliki kabar terbaru untuk Anda dengan peluncuran API beta Instagram yang dapat melengkapi WhatsApp API yang telah ada dan melengkapi komunikasi API yang disediakan oleh Qontak, Partner dari Messenger sehingga dapat meningkatkan efisiensi komunikasi antar tim maupun pelanggan.

Inovasi ini mendukung dorongan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Johnny G. Plate's terhadap artificial intelligence (AI) dan cloud computing.

Baca Juga: Pengembangan Sektor Pangan Indonesia, Butuh Kontribusi Swasta yang Lebih Besar

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X