Kodi.id, Platform Meeting Online Gratis untuk Koperasi

- Sabtu, 2 Mei 2020 | 23:35 WIB
Kodi.id. (istimewa)
Kodi.id. (istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Komunitas Koperasi Digital (Kodi) menciptakan platform meeting digital serupa aplikasi Zoom, bernama Kodi.id untuk membantu pelaku koperasi berkegiatan di tengah pembatasan gerak saat pandemi Covid-19.

Platform meeting online ini diklaim jauh lebih unggul dari aplikasi Zoom. Karena memiliki program digitalisasi koperasi untuk meng-upgrade kualitas koperasi di Indonesia.

Inra Sumahamijaya, selaku founder Kodi.id mengatakan, ide awal menciptakan aplikasi ini dilatarbelakangi ingin membantu pelaku-pelaku koperasi yang terbatas ruang gerak akibat kebijakan pemerintah dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

“Kami inisiatif membuat platform dalam negeri yang bisa dipakai gratis oleh koperasi-koperasi. Ini kurang lebih seminggu kita buatkan dan sudah puluhan yang menggunakan,” kata Inra.

Aplikasi meeting ini dapat dipakai oleh pelaku koperasi untuk berbagai kegiatan. Mulai dari rapat online, Rapat Anggota Tahunan (RAT) online, diskusi atau seminar online (webinar), atau telekonferensi.

“Kita servernya fleksibel, kebetulan kita dapat dukungan dari google, apabila dinilai kurang, kita bisa tambahkan sendiri servernya,” jelasnya.

Untuk tahap pengenalan, platform digital ini dibuat gratis. Rencananya pada Agustus 2020, pihaknya menyiapkan konsep berbayar yang dijanjikan bakal diisi dengan fitur-fitur lengkap. Bahkan diproyeksikan bakal melebihi aplikasi zoom saat ini.

“Untuk tahap awal ini kita lebih kepada kerja sosial karena kita juga mendapat dukungan dari Mohammad Hatta Center (MHC). Jadi untuk fasenya seperti itu, kita akan berencana untuk roll up untuk premium dengan fitur lengkap di bulan Agustus itu bisa berbayar,” ujar dia.

Platform digital Kodi memiliki keunggulan dibanding aplikasi Zoom. Salah satunya dari aspek keamanan data pengguna terjamin dan data tidak bocor. “Pertama kita gak ambil data apa pun. Kedua, memang platform tidak bisa direkam jadi gak ada kebocoran karena memang gak ada data yang disimpan,” katanya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X