Harga Minyak Naik di Atas 78 Dolar, di Tengah Ekspektasi Menteri OPEC

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 09:24 WIB
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Di tengah ekspektasi para menteri OPEC, harga minyak tetap menguat di atas 78 dolar AS per barel pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB).

Kenaikan harga minyak hanya sedikit di bawah level tertinggi tiga tahun yang dicapai awal pekan ini, di mana OPEC diyakni akan mempertahankan kecepatan yang stabil dalam meningkatkan pasokan mereka.

Untuk pengiriman Desember, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember naik 97 sen atau 1,2 persen, menjadi menetap di 79,28 dolar AS per barel dalam kenaikan mingguan keempat.

Sementara, untuk pengiriman November, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 85 sen menjadi ditutup di 75,88 dolar AS per barel dalam kenaikan minggu keenam.

Baca Juga: PON XX Papua: Sistem Zero Down Time Area Disiapkan PLN pada Upacara Pembukaan

Berdasarkan kontrak bulan depan Untuk minggu ini, kontrak acuan minyak mentah AS melonjak 2,6 persen, sementara minyak mentah Brent terangkat 2,7 persen.

Harga minyak Brent telah meningkat lebih dari 50 persen tahun ini dan mencapai tertinggi tiga tahun di 80,75 dolar AS pada Selasa 28 September 2021.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, akan bertemu pada Senin (4/10/2021).

Kelompok ini perlahan-lahan memotong rekor pengurangan produksi yang dibuat tahun lalu, meskipun sumber mengatakan sedang mempertimbangkan untuk berbuat lebih banyak untuk meningkatkan produksi.

OPEC+ menghadapi tekanan dari konsumen seperti Amerika Serikat dan India untuk memproduksi lebih banyak guna membantu menurunkan harga karena permintaan telah pulih lebih cepat dari yang diperkirakan di beberapa bagian dunia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X