Cegah Corona, Biotifor Bagi-bagi Minyak Kayu Putih

Maya
- Kamis, 2 April 2020 | 15:48 WIB
Kayu putih Biotifor Yogya (Foto Istimewa)
Kayu putih Biotifor Yogya (Foto Istimewa)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Biotifor), dan Koperasi Wana Mandiri Badan Litbang dan Inovasi membagikan paket minyak kayu putih dan ramuan herbal untuk meningkatkan imun tubuh kepada warga desa sekitar.

Bantuan yang diberikan sebanyak 450 paket diperuntukkan tiga padukuhan di wilayah Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem. Masing-masing Dukuh Bunder, Sembung, dan Glondong. Masing-masing menerima paket berisi 100 botol minyak kayu putih, dan obat herbal sebanyak 50 kemasan.

"Kayu putih Biotifor Yogya merupakan kayu putih terbaik karena kandungannya 100% persen minyak kayu putih dan kadar 1,8 cineole. Diambil dari klon elit yang dimiliki KLHK," ungkap Kepala Balai Besar Biotifor, Nur Sumedi, Kamis (2/4).

Dia menjelaskan, kayu putih berkhasiat untuk berbagai macam pengobatan. Selain mengobati masuk angin, pilek, dan batuk, minyak kayu putih juga mujarab untuk pereda flu. Caranya sederhana yakni air yang dihangatkan ditetesi minyak kayu putih kemudian uapnya dihirup.

"Imun tubuh yang kuat merupakan obat untuk melawan Covid-19. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami menindaklanjuti instruksi Menteri LHK untuk berkontribusi semaksimal mungkin dalam penanggulangan wabah korona," imbuhnya.

Kepala Dukuh Bunder, Herybertus Suroto menyampaikan apresiasi atas kepedulian tersebut. Kendati di Desa Purwobinangun tidak ditemukan pasien positif Covid-19, namun warga harus selalu mawas diri.

Editor: Maya

Terkini

X