PLN Rampungkan GIS Pertama di NTB, Siap Dukung Gelaran MotoGP 2022

- Kamis, 30 September 2021 | 09:00 WIB
Proyek pembangunan GIS (Gas Insulated Switchgear) Lombok Peaker berkapasitas 60 mega voltampere (MVA). (suaramerdeka.com / dok)
Proyek pembangunan GIS (Gas Insulated Switchgear) Lombok Peaker berkapasitas 60 mega voltampere (MVA). (suaramerdeka.com / dok)

MATARAM, suaramerdeka.com – PT PLN (Persero) berhasil merampungkan proyek pembangunan GIS (Gas Insulated Switchgear) Lombok Peaker berkapasitas 60 mega voltampere (MVA) yang berlokasi di Tanjung Karang, Kota Mataram.

GIS Lombok Peaker milik PLN akan menyalurkan listrik dari PLTGU Lombok Peaker ke sistem kelistrikan Lombok.

Hadirnya GIS ini akan meningkatkan keandalan tegangan pada sistem kelistrikan Lombok.

“Hadirnya listrik yang andal tentu akan mendukung pengembangan KEK Mandalika termasuk untuk mendukung gelaran akbar dunia seperti World Superbike 2021 dan MotoGP 2022,” ujar General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Josua Simanungkalit.

Baca Juga: Mark Hoppus Nyatakan Telah Bebas dari Kanker

Dengan keindahan alam yang mempesona, Pulau Lombok sendiri saat ini sedang mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

KEK ini diprediksi akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan seiring dengan pembangunan yang dilakukan di kawasan tersebut. Dalam waktu dekat, Pulau Lombok juga akan menggelar balap motor kelas dunia seperti World Superbike 2021 dan MotoGP 2022.

“Tidak hanya untuk gelaran MotoGP 2022, kualitas penyaluran kelistrikan yang lebih andal juga dapat mendorong tumbuhnya investasi bisnis dan industri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi di tengah situasi pandemi Covid-19," tutur tambah Josua.

Saat ini PLN tengah melakukan persiapan pemberian tegangan (energize) pada GIS Lombok Peaker.

Baca Juga: Harga Emas Jatuh ke Level Terendah, Tertekan Reli Kenaikan Dolar

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hyundai Optimistis Creta Bisa Merajai Segmen SUV

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB
X