Dolar Naik ke Level Tertinggi, Ikuti Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Pemerintah AS

- Rabu, 29 September 2021 | 10:24 WIB
Dolar AS. (Forbes)
Dolar AS. (Forbes)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Mengikuti kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS, dolar melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari 10 bulan pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB)

Kenaikan obligasi setelah investor melihat ke depan ke Federal Reserve yang mungkin mengurangi pembelian aset pada November dan kenaikan suku bunga kemungkinan akan menyusul.

Pada perdagangan sore di New York, indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya mencapai level tertinggi sejak awal November dan terakhir naik 0,3 persen pada 93,719.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun, naik empat basis poin pada 1,5253 persen setelah dijadikan acuan mencapai puncak tiga bulan.

Baca Juga: Usulkan Hari Anak Yatim, Uu: untuk Optimalkan Penanganan

Kenaikan imbal hasil dipercepat setelah bank sentral AS berubah hawkish pada pertemuan kebijakan moneter minggu lalu, memperkuat pandangan pasar untuk tapering Fed yang lebih cepat dari perkiraan.

"Imbal hasil umumnya bergerak lebih tinggi karena ekspektasi inflasi yang meningkat membebani daya tarik relatif obligasi pemerintah, tetapi naik lebih cepat di Amerika Serikat karena para pedagang bertaruh Federal Reserve akan bergerak lebih cepat daripada rekan-rekan globalnya," kata Karl Schamotta, kepala strategi pasar di Cambridge Global Payments di Toronto.

Neil Jones kepala penjualan valas di Mizuho menyebut, penghindaran risiko memperburuk pergerakan pasar mata uang, dengan saham-saham Wall Street turun.

Untuk mata uang lain, dolar Australia, yang dipandang sebagai proksi likuid untuk selera risiko, turun 0,6 persen pada 0,7240 dolar AS.

Baca Juga: Hari Tani Nasional, Masyarakat Salatiga Dapatkan Bibit Tanaman Sayuran

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Tahun 2021 di Jateng Alami Inflasi 0,64 Persen

Selasa, 4 Januari 2022 | 14:38 WIB
X