Lewat Liteasi Digital, Kemenkominfo Tingkatkan Digitalisasi UMKM di Sorong

- Rabu, 29 September 2021 | 10:00 WIB
Program literasi digital Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital dan teknologi di Sorong. (suaramerdeka.com / dok)
Program literasi digital Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital dan teknologi di Sorong. (suaramerdeka.com / dok)

SORONG, suaramerdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) baru-baru ini meluncurkan program literasi digital untuk mempercepat transformasi digital dan teknologi di Sorong, Papua Barat, Indonesia.

Bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GLND) Siberkreasi, program ini diselenggarakan Kemenkominfo untuk sektor usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Mayoritas UMKM di Sorong berasal dari sektor ritel dan perdagangan, disusul dengan sektor makanan dan minuman.

Sayangnya, literasi digital di wilayah tersebut masih relatif buruk, bahkan lebih dari 70 persen UMKM mengaku belum pernah memanfaatkan internet untuk menjalankan proses bisnisnya.

Baca Juga: Investor Mengunci Keuntungan, Harga Minyak Tergelincir di Akhir Perdagangan

Untuk meningkatkan literasi digital di daerah tersebut, Pekan Literasi Digital dibuka dengan lokakarya dan pelatihan selama dua hari secara hybrid di Sorong, Papua Barat pada 23-24 September 2021.

Selama acara ini, masyarakat lokal menunjukkan antuasiasme yang sangat tinggi untuk berpartisipasi, dengan lebih dari 600 peserta yang tergabung sepanjang sesi.

Acara dimulai dengan dua sesi utama.

Yang pertama ialah "Ngobrolin Literasi Digital", yang menghadirkan edukasi tentang literasi digital bagi UMKM, mulai dari mengoptimalkan teknologi digital, media sosial, hingga tips keamanan siber bagi UMKM.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Mingguan Turun 20 Kali Lipat, Prof WIku: Indonesia Siap Fokus Menuju Endemik

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMN dan ICSB Semarang Berkolaborasi Bangkitkan UMKM

Kamis, 23 Desember 2021 | 06:30 WIB
X