Go Digital, Milenial Bisa Selamatkan UMKM

- Selasa, 28 September 2021 | 14:31 WIB
Salah satu narasumber memberikan paparannya dalam Talkshow UMKM Go Digital Commerce, dalam gelaran Fesmabi 2019 di Rita SuperMall Purwokerto, Minggu (24/11) siang.
Salah satu narasumber memberikan paparannya dalam Talkshow UMKM Go Digital Commerce, dalam gelaran Fesmabi 2019 di Rita SuperMall Purwokerto, Minggu (24/11) siang.

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Generasi milenial yang dekat dengan berbagai perkembangan teknologi masa kini harus mampu bergerak untuk masyarakat.

Mereka bisa melakukan banyak hal, salah satunya membantu menyelamatkan UMKM yang terpuruk selama pandemi Covid-19.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU), GKR Mangkubumi mengungkapkan hal itu pada webinar nasional ''Peran Milenial dalam Membangkitkan Ekonomi UMKM'' yang diselenggarakan BPR MSA dan Akumandiri DIY.

Baca Juga: Terhimpit Pandemi, Capaian Pajak Hiburan di Sleman Rendah

Ia menandaskan pentingnya UMKM mengubah paradigma menuju ''new normal UMKM''. Selama pandemi, UMKM terseok-seok hingga hanya bisa mengantongi omset 10-15 persen dibandingkan pada situasi normal. Kondisi yang dialami sebagian besar UMKM di Indonesia.

''Pada era teknologi dan pandemi, 59 persen UMKM beralih fokus ke e-commerce, terjadi lonjakan transaksi daring 69 persen, terjadi kenaikan konsultasi kesehatan dan pembelian obat secara daring sebanyak 41 persen, dan pemakaian pembayaran lewat cara digital melonjak 65 persen,'' paparnya.

Manfaatkan Teknologi

Menurut Mangkubumi, perubahan perilaku konsumen harus disikapi dengan memanfaatkan teknologi.

Milenial yang sudah go digital, bisa berperan sebagai influencer pro-bono bagi UMKM. Kelompok milenial biasanya memiliki banyak pengikut, mereka bisa mendorong penjualan produk-produk UMKM secara cuma-cuma.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelompok UKM di Sleman Didorong Bentuk Koperasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB

Hendi Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Desain Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:47 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X