Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Alokasi Dana PEN Rp7,67 Triliun

- Senin, 27 September 2021 | 19:25 WIB
Menko Airlangga Hartarto/Dokumentasi kemenko Perekonomian
Menko Airlangga Hartarto/Dokumentasi kemenko Perekonomian

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebagai salah satu sektor yang terdampak pandemi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mendapat dukungan dari Pemerintah untuk bisa pulih.

Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pariwisata dan ekonomi kreatif disalurkan melalui berbagai program yaitu Bangga Berwisata di Indonesia, Bangga Buatan Indonesia, dan Indonesia Care/I Do Care di sektor perhotelan dan pariwisata.

Dukungan juga telah diberikan kepada kegiatan perfilman, Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP) dan dukungan akomodasi hotel untuk para tenaga kesehatan.

Baca Juga: Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah melalui dana PEN juga mengalokasikan sebesar Rp 7,67 triliun pada tahun ini, untuk mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional dan pelatihan SDM pariwisata.

Pemerintah juga melakukan Program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) bagi pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada tahun ini anggarannya juga ditingkatkan menjadi Rp 60 milliar.

Peserta BIP adalah tujuh subsektor ekonomi kreatif yakni aplikasi, game developer, kriya, fashion, kuliner, film, dan sektor pariwisata.

Baca Juga: Sport Track Tinjomoyo 57.5 Hektar Siap Sambut Wisatawan, Tawarkan Wisata dan Olahraga Alam

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X