Program Wirausaha Maju Berhasil Beri Pelatihan 11.325 Pelaku UMKM Se-Pulau Jawa

- Jumat, 24 September 2021 | 11:48 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memantau di salah satu lokasi binaan UMKM usaha di Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. (suaramerdeka.com / dok)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memantau di salah satu lokasi binaan UMKM usaha di Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Kementerian Perekonomian mempunyai program Wirausaha Maju dan memiliki kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM usaha.

Melalui Program Wirausaha Maju, UMKM usaha telah berhasil memberikan pelatihan kepada 11.325 pelaku UMKM dari 28 Kabupaten/Kota se-Pulau Jawa.

Untuk Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri sudah 2.080 pelaku UMKM berhasil diberikan pelatihan.

Hal itu diutarakan Menko Airlangga saat memantau di salah satu lokasi binaan UMKM usaha di Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Kamis, 23 September 2021.

Baca Juga: Tempat Wisata Membludak Usai Kasus Covid Melandai, Ketua Satgas IDI: Revenge Travel ini Harus Diwaspadai

"UMKM usaha mengajak masyarakat untuk membangun ekonomi Indonesia dimulai dari lingkungan terkecil mereka, yaitu dengan berbelanja di UMKM atau warung tetangga mereka sendiri."

"Untuk itu, UMKM usaha berfokus untuk melatih UMKM-UMKM rumahan yang dekat dengan masyarakat dan terdampak langsung pandemi Covid-19, melalui program Wirausaha Maju,” tuturnya.

Airlangga menambahkan pada gelombang pertama ini, pelaku usaha mikro diberi pelatihan pengelolaan usaha secara lebih baik.

Materi pelatihan yang diberikan antara lain mengenai dasar-dasar sikap dan pola pikir kewirausahaan secara umum mencakup konsumen atau pelanggan, sales atau profit, dan tema yang lain, kemudian kiat-kiat membuka usaha dan memasarkan produk.

Baca Juga: Kinerja APBN Membaik, Menkeu Sebut Pemulihan Ekonomi Juga Ikut Terdampak

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandi Uno: Pertahankan Lapangan Kerja

Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:12 WIB

Hastag Local Pride naikan Brand Lokal Indonesia

Senin, 4 Oktober 2021 | 20:08 WIB
X