Penguatan Pasar Global Picu Sedikit Pelemahan Dolar AS dari Level Tertinggi

- Rabu, 22 September 2021 | 10:06 WIB
Dollar. (Pixabay)
Dollar. (Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Menguatnya pasar global membuat dolar AS sedikit melemah dari level tertinggi hampir satu bulan pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB).

Menguatnya pasar global seiring penghindaran risiko yang didominasi ketidakpastian solvabilitas Evergrande China, sementara investor menunggu hasil pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve.

Penurunan diperlihatkan indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya sebesar 0,019 persen setelah mencapai tertinggi 93,455 pada Senin 20 September 2021, sementara euro melemah 0,01 persen menjadi 1,1724 dolar.

dolar berada di sekitar posisi yang tidak berubah pada Selasa 21 September 2021, setelah mencapai level tertinggi sejak 23 Agustus pada awal pekan ini.

Baca Juga: Faktor Kesehatan Alasan Utama Pembatalan Pemberangkatan Haji

Secara singkat bergerak lebih tinggi karena kenaikan awal pada indeks acuan ekuitas Wall Street memudar.

Investor menantikan pengumuman kebijakan Fed pada Rabu waktu setempat, untuk tanda-tanda kapan bank sentral akan mulai mengurangi program pembelian obligasi besar-besaran, dalam seminggu yang diisi dengan pernyataan kebijakan yang diharapkan dari sejumlah bank-bank sentral di seluruh dunia.

"Pasar mencoba untuk memahami apakah perubahan arah pada Selasa ini akan berlangsung, dan jika kita memiliki peningkatan selera risiko yang berkelanjutan, dolar akan mundur lebih banyak lagi," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA di New York.

Awal pekan ini, Greenback menguat bersama dengan mata uang safe-haven lainnya seperti yen dan franc Swiss, karena kekhawatiran tentang dampak dari kemungkinan gagal bayar China Evergrande membuat pasar-pasar keuangan gelisah.

Baca Juga: IAEA Beri Penghargaan untuk Indonesia Atas Capaian Riset dan Pemanfaatan Teknologi Nukir

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPR Danamon Raih Properti Indonesia Award 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:12 WIB

Pinjol Ilegal Mainkan Psikologi Nasabah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:31 WIB
X