Alat Pengering Ikan Modern Ramah Lingkungan Diciptakan untuk UKM

- Selasa, 21 September 2021 | 14:35 WIB
Tim dosen Undip menujukkan bahan ikan segar yang telah diolesi  cairan asap untuk kemudian dimasukkan alat pemanas modern di Pasuruhan Kayen Pati. (Suaramerdeka.com dok)
Tim dosen Undip menujukkan bahan ikan segar yang telah diolesi cairan asap untuk kemudian dimasukkan alat pemanas modern di Pasuruhan Kayen Pati. (Suaramerdeka.com dok)

PATI, suaramerdeka.com - Tim Dosen Undip merekayasa teknologi alat pengering ikan modern untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama usaha kecil menengah (UKM).

“Kebanyakan pelaku usaha menengah terkendala alat maupun teknologi untuk mendukung produktivitas kerja,” tutur Dosen Fakultas Teknik Undip, Dr Abdul Syakur didampingi juga dosen Dr Hadha Afrisal di Desa Pasurun Kecamatan Kayen Pati.

Mereka tercatat sebagai penggagas teknologi rekayasa pengeringan ikan menggunakan sistem tertutup atau oven ramah lingkungan.

Mereka tergabung ke dalam tim pengabdian penguatan komoditas unggulan masyarakat (PKUM) melalui penerapan teknologi pengeringan ikan menggunakan oven.

Baca Juga: Menara Masjid Baiturrahman Terbakar, Diduga dari Korsleting Jam Digital

Para dosen ini berkaloborasi membantu pelaku usaha olahan ikan yaitu UMKM Aghfa Food yang berlokasi di Pasuruhan Kayen Pati.

Selama ini produk UMKM Aghfa Food dan UMKM Aghfa Kitchen telah memproduksi hasil olahan ikan untuk dibuat berbagai macam kue kering dengan menggunakan oven dengan pemanas dari kompor gas.

Hasil produksi UMKM ini cukup dikenal luas bahkan secara nasional.

Baca Juga: Jaring dan Bina Pelaku UMKM, Generasi Muda Didorong Majukan Wirausaha

Persoalannya mereka butuh alat modern namun terjangkau untuk proses penggarapan bahan baku ramah lingkungan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X