Harga Bawang Merah dan Putih di Pasar Sumowono Naik Dua Kali Lipat

Red
- Kamis, 13 Februari 2020 | 11:36 WIB
NAIK DRASTIS: Salah satu los penjual bawang merah dan putih di Pasar Sumowono. Harga dua komoditas ini kini naik hampir 100 persen. (suaramerdeka.com / Ristika Sandra)
NAIK DRASTIS: Salah satu los penjual bawang merah dan putih di Pasar Sumowono. Harga dua komoditas ini kini naik hampir 100 persen. (suaramerdeka.com / Ristika Sandra)

SUMOWONO, suaramerdeka.com - Kenaikan harga bawang bawang merah dan bawang putih terjadi di Pasar Sumowono, hingga dua kali lipat. Kini komoditi itu dihargai Rp 55 hingga 60 ribu per kg, dari harga semula yang hanya Rp 25 ribu hingga 30 ribu per kg. Kenaikan itu tak hanya dikeluhkan masyarakat, tapi juga para pedagang.

Parmi, salah satu pedagang bumbu dapur di Pasar Sumowono melihat bahwa kenaikan harga bawang putih dan bawang merah itu sudah lama. Bukannya semakin turun, harganya malah semakin naik hingga dua kali lipat atau 100 persen.

"Saya biasa mendapat bawang merah dan bawang putih itu dari Brebes, dari sananya harga sudah mahal, otomatis saya harus menyesuaikan harga agar tidak rugi, dengan keuntungan yang sama dengan harga biasanya," kata pedagang yang akrab disapa Mak Mi itu.

Kenaikan bawang merah dan putih juga memengaruhi komoditas lain seperti cabai dan lainnya.  Kenaikan harga itu disinyalir dipicu musim hujan yang panjang, mengakibatkan keberhasilan panen untuk bawang merah dan bawang putih menurun. Jadi, stoknya menjadi lebih sedikit dari biasanya, sehingga membuat harga bawang merah dan bawang putih terus meroket naik.

Retno salah satu pembeli menyayangkan kenaikan tersebut. "Naiknya harga bawang merah dan bawang putih saya merasa cukup berat, karena harus menyiapkan uang dua kali lipat untuk membelinya."katanya.

Wanita berusia 48 tahun ini juga menambahkan sekarang ini untuk menghemat pengeluaran, dirinya harus membeli dalam jumlah lebih sedikit. Kalau biasanya tiap beli setegah kilo, sekarang hanya mampu membeli seperempat kilo saja. Dia berharap agar harga bawang merah dan bawang putih bisa stabil kembali.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Harga Emas Naik di Tengah Kekhawatiran Inflasi AS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:48 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB

Tekan Biaya Operasional Logistik dengan Dexlite

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:24 WIB
X