BP Jamsostek Jateng-DIY Buka Pelatihan Vokasi di Lima Kota

- Jumat, 27 Desember 2019 | 10:36 WIB
Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan selaku Pps Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Tengah dan DIY, Wiwik Septi Herawati. (suaramerdeka.com / Cun Cahya)
Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan selaku Pps Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Tengah dan DIY, Wiwik Septi Herawati. (suaramerdeka.com / Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - BP Jamsostek Jawa Tengah dan DIY membuka pelatihan vokasi di lima kota bagi para pekerja yang pernah di PHK agar memiliki keterampilan. Tahun 2019 merupakan pilot project pelatihan vokasi yang diadakan di techno park Surakarta, Surya Kusuma Nusantara Salatiga,  BLK Cilacap, balai batik Yogyakarta dan di Semarang.

Pelatihan vokasi kerja adalah program pemerintah yang bertujuan memberikan pelatihan-pelatihan kepada peserta yang sudah mengalami pemutusan kerja atau berhenti kerja. Akan tetapi  mereka masih layak mendapatkan pekerjaan kembali.

Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan selaku Pps Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Tengah dan DIY, Wiwik Septi Herawati mengatakan di 2019 ini sudah ada 145 orang yang mengikuti pelatihan operator garmen, las, manufaktur dan batik. "Baru dua bulan ini sudah ada 145 orang yang mengikuti pelatihan," katanya di Semarang.

Mereka akan dilatih maksimal 30 hari dan nantinya akan mendapatkan sertifikat. BP Jamsostek juga bermitra dengan BLK, LPK, perusahaan dan Apindo untuk bisa menyalurkan lulusan agar mendapatkan pekerjaan sesuai dengam kompetensinya.

Wiwik menjelaskan, syarat untuk mengikuti pelatihan adalah pernah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan kartu penerima upah, berhenti bekerja minimal 1 tahun dan maksimal dua tahun, digaji minimal UMR serta usia maksimal 40 tahun. "Di 2020 nanti bila ada yang berminat bisa menghubungi di 12 kantor cabang  di Jawa Tengah dan DIY," ucapnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Prospek Bisnis Antam Dapat Dongkrak Harga Saham

Jumat, 30 Juli 2021 | 14:05 WIB
X