Dorong Produksi Rendah Karbon, Jokowi juga Minta Pengusaha Mebel Tetap Jaga Kelestarian Hutan

- Senin, 20 September 2021 | 14:07 WIB
 Pengurus Forum Rembuk Cluster Industri Mebel Rotan Desa Trangsan Kecamatan Gatak menunjukan produk-produk rotan para pelaku usaha rotan.(suaramerdeka.com/Ari Welianto)
Pengurus Forum Rembuk Cluster Industri Mebel Rotan Desa Trangsan Kecamatan Gatak menunjukan produk-produk rotan para pelaku usaha rotan.(suaramerdeka.com/Ari Welianto)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada para pelaku industri mebel agar meningkatkan kualitas produk mereka di pasar global.

Jokowi juga meminta pengusaha mebel tetap menjaga keberlanjutan hutan dalam penyediaan bahan baku dan juga menerapkan kegiatan produksi yang rendah karbon.

“Penyediaan bahan baku harus menjaga keberlanjutan hutan, proses produksi harus rendah karbon, manfaat ekonominya harus dirasakan oleh masyarakat lapis bawah,” kata Presiden Jokowi secara virtual dalam International Furniture Expo (Ifex) VIrtual Showroom 2021, Senin (20/9).

Baca Juga: Operasi Patuh Candi, Kapolda Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Disiplin Prokes dan Tertib Lalu Lintas

Presiden Jokowi menekankan industri mebel domestik harus mampu meningkatkan daya saing di pasar global.

Namun, daya saing industri mebel bukan hanya mengenai kualitas produknya, melainkan nilai-nilai yang dipegang teguh mulai dari proses produksi.

Karena ia mengajak pelaku industri mebel untuk berkomitmen menciptakan pembangunan yang berkelanjutan, pembangunan yang ramah lingkungan, mendorong produksi yang rendah karbon dan mendistribusikan manfaat ekonomi secara inklusif.

Baca Juga: Hadapi Musim Penghujan, Mitigasi Banjir di Sekitar Proyek Kereta Cepat Jakarta--Bandung Disiapkan

“Itulah titipan saya kepada para pelaku industri permebelan. Semangat tersebut harus dipegang teguh, karena skema pembiayaan dan pasar pun akan semakin mempersyaratkan semangat pembangunan berkelanjutan,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X