Nilai Ekonomis Tinggi, Produk Olahan Susu Bantu Pendapatan Peternak Boyolali

- Senin, 20 September 2021 | 06:30 WIB
Peserta pelatihan penguatan komoditas unggulan masyarakat di Desa Karangnongko, Mojosongo, Boyolali menunjukkan produk hasil olahan susu. (suaramerdeka.com / dok)
Peserta pelatihan penguatan komoditas unggulan masyarakat di Desa Karangnongko, Mojosongo, Boyolali menunjukkan produk hasil olahan susu. (suaramerdeka.com / dok)

BOYOLALI, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 menyebabkan menurunnya perekonomian masyarakat, termasuk para peternak sapi perah di wilayah Kabupaten Boyolali.

Produk utama susu segar yang awalnya bisa dijual langsung ke konsumen mengalami penurunan penjualan, termasuk para peternak sapi perah di Desa Karangnongko, Mojosongo, Boyolali.

Kelompok Tani (KT) Tunas Muda bersama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Undip mencoba mencari jalan keluar dari persoalan tersebut.

Melalui kegiatan penguatan komoditas unggulan masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Undip memberikan pendampingan dan pelatihan pengolahan susu segar menjadi produk olahan yang mempuyai nilai ekonomis lebih tinggi.

Baca Juga: Teknologi Tepat Diterapkan Kampus Guna Tunjang Pertanian Organik

Dr Ir Eko Pangestu, MP bersama tim dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip menggelar pelatihan pembuatan makanan ringan berbahan baku susu segar kepada sejumlah peternak wanita di Desa Karangnongko.

Mereka diajari membuat aneka produk olahan susu.

Sejumlah produk olahan yang telah berhasil dibuat oleh KT Tunas Muda di antaranya es krim, yogurt serta susu pasteurisasi.

Namun diakui, pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan penjualan karena banyak sekolah yang libur.

Baca Juga: Tangis Haru Warnai Pelepasan Muaythai ke PON

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pinjol Ilegal Mainkan Psikologi Nasabah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:31 WIB

Berani Investasi di Pasar Modal/Keuangan?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:13 WIB
X